Pemandian Air Panas Cangar, Wisata Favorit Wisatawan Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

26 November 2023 04:23 26 Nov 2023 04:23

Thumbnail Pemandian Air Panas Cangar, Wisata Favorit Wisatawan Kota Batu Watermark Ketik
Pintu masuk Pemandian Air Panas Cangar Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemandian air panas cangar bisa menjadi salah satu tujuan saat berkunjung ke Kota Batu Jawa Timur. Pengunjung bisa menikmati kesejukan udara khas kaki Gunung Welirang dan berendam di air panas alami.

Objek wisata yang berada di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji ini sangat digemari oleh wisatawan. Berendam di tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit kulit dan asma.

Pemandian air panas cangar berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) R.Soerjo yang berbatasan langsung dengan Pacet Kabupaten Mojokerto. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di jalur alternatif Kota Batu - Mojokerto.

"Saya sering kali mampir ke sini (cangar) kalau mau ke Kota Batu. Menyempatkan sebentar untuk berendam di air panas," kata Muhammad Arif, pengunjung asal Mojosari, Mojokerto, Minggu (26/11/2023).

Menurut Arif, daya tarik utama cangar adalah air panas alami yang bersumber dari kaki gunung Welirang. Menurutnya, meskipun berasal pegunungan Welirang, namun airnya tidak berbau belerang. Suhu airnya pun tidak terlalu panas, yakni berada di sekitar 35 -45 derajat celcius.

"Kalau saya percaya, dengan berendam di air panas Cangar bisa menghilangkan capek-capek sekaligus untuk menghilangkan penat akibat kerja," ujarnya.

Foto Suasana Kolam Pemandian Air Panas Cangar Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Tahura R Soerjo)Suasana Kolam Pemandian Air Panas Cangar Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Tahura R Soerjo)

Selain ada kolam pemandian air panas, Cangar mempunyai taman bermain yang menarik untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan, serta arena outbound. Taman ini terletak di sekitar kolam air panas.

Tidak hanya itu, di kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cangar ada gua buatan sisa-sisa peninggalan tentara jepang pada waktu perang dunia II. Gua terletak kurang lebih 1 kilometer dari pemandian, sehingga mudah dijangkau.

Fasilitas lainnya yang ada di Wisata Pemandian Air Panas Cangar yaitu jogging track yang mengelilingi areal berhutan, camping ground yang terletak di sebelah selatan pintu masuk belakang di sekitar pendopo dan areal parkir. 

Kemudian, pendopo yang ada di pintu masuk belakang, aula atau gedung pertemuan tertutup dengan kapasitas 200 orang. Terakhir, pondok wisata yang digunakan sebagai penginapan tamu tahura sehingga tidak dikelola secara komersil. 

Untuk menikmati Air Panas Cangar, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar Rp 19.500 di hari biasa serta Rp 21.500 di akhir pekan. Ditambah biaya parkir Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 3 ribu untuk sepeda motor.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pemandian Air panas Cangar Wisata akhir pekan