Pembangunan Jalan Tembus ke Paralayang Kota Batu Bakal Dilanjutkan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

10 Juli 2024 18:00 10 Jul 2024 18:00

Thumbnail Pembangunan Jalan Tembus ke Paralayang Kota Batu Bakal Dilanjutkan Watermark Ketik
Warga melintasi jalan tembus Paralayang di kawasan perhutani. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu akan mengembangkan jalan tembus Paralayang Gunung Banyak di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Saat ini untuk menuju Paralayang Gunung Banyak wisatawan masih harus memutar melewati Desa Pandesari Kecamatan Pujon. Sehingga butuh waktu lebih lama untuk tiba di wana wisata tersebut. 

Jalan tembus tersebut melewati Dusun Songgoriti melewati Klemuk menuju hotel Grand Pujon View kemudian masuk wilayah Perhutani dan langsung tiba di loket Paralayang.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, Perhutani sangat wellcome. Mereka sangat terbuka bekerjasama dengan pemerintah daerah," kata Pj Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, Rabu (10/7/2024). 

Menurut Arief, akses jalan tembus menuju paralayang dirasa sangat penting. Selain untuk mempercepat wisatawan tiba di lokasi wisata. Dengan kemudahan akses, diharapkan dapat mendukung peningkatan wisatawan ke paralayang. 

"Kami bersyukur dinas terkait telah diminta oleh pak Pj Wali Kota untuk melakukan pengembangan sarana dan prasarana di paralayang," tambahnya.

Akses jalan tembus menuju paralayang saat ini sudah ada. Namun jalurnya masih berupa tanah. Pembukaan akses tersebut telah dilakukan beberapa tahun lalu. Namun masih belum dilakukan pengerasan jalan. 

"Harapan kami di trimester pertama tahun 2025 nanti, kemudahan akses menuju paralayang bisa terwujud. Sehingga tingkat kunjungan ke paralayang akan semakin meningkat," tegasnya.

Sebagai informasi, Paralayang Gunung Banyak di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu telah dikenal masyarakat luas. Selain sebagai tempat wisata yang menyuguhkan keindahan Kota Batu dari ketinggian.

Lokasi tersebut juga sering digunakan event paralayang tingkat nasional hingga internasional. Pemkot Batu memandang potensi ini perlu dikembangkan dengan bakal melanjutkan kembali jalan tembus menuju tempat tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu jalan tembus Paralayang Gunung Banyak