Pemkab Jember Terbitkan Akta Kelahiran untuk Apresiasi Bayi Pancasila

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

4 Juni 2023 05:34 4 Jun 2023 05:34

Thumbnail Pemkab Jember Terbitkan  Akta Kelahiran untuk Apresiasi Bayi Pancasila Watermark Ketik
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Isnaini Dwi Susanti memberikan paket administrasi kepada orang tua Bayi Pancasila (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, baru-baru ini memberikan paket administrasi kependudukan kepada puluhan bayi yang lahir pada 1 Juni 2023. 

Berdasarkan data Dispendukcapil terdapat 32 bayi yang menerima layanan pembuatan akta kelahiran pada hari bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Kepala Dispendukcapil Jember Isnaini Dwi Susanti menyebutkan salah satu Bayi Pancasila itu lahir di Rumah Sakit Kalisat. “Bayi yang lahir di RS Kalisat itu merupakan anak dari pasangan warga Desa Sempolan, Kecamatan Silo," paparnya.

Tidak hanya 1 Juni saja, Pemkab Jember juga memberikan layanan serupa kepada setiap bayi yang lahir pada 17 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan. 

“Kami memberikan satu paket administrasi kependudukan. Jadi, kami telah menambahkan nama anak di Kartu Keluarga (KK), beserta Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka," jelasnya.

Pemberian paket administrasi ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Jember terhadap kependudukan. Dirinya juga berharap agar petugas rumah sakit juga sigap dalam melaporkan kelahiran bayi tidak hanya pada momen-momen tertentu saja. 

“Untuk percepatan adminduk, setiap hari bisa dilaporkan ke TRS. Ada petugas kami yang akan membawa berkasnya ke kantor nanti,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Lahir Pancasila Bayi Pancasila Kelahiran administrasi kependudukan dispendukcapil Jember