Pemkab Sampang Sediakan Kapal Cepat untuk ASN yang Bertugas di Pulau Mandangin

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Mustopa

6 September 2024 12:03 6 Sep 2024 12:03

Thumbnail Pemkab Sampang Sediakan Kapal Cepat untuk ASN yang Bertugas di Pulau Mandangin Watermark Ketik
Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang saat uji coba kapal cepat (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Jawa Timur menyediakan kapal cepat yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Tanglok menuju Pulau Mandangin untuk mempermudah akses transportasi bagi para guru dan tenaga kesehatan.

Pasalnya, para tenaga pendidik dan tenaga kesehatan di Kabupaten Sampang sering kali mengalami keterlambatan saat menjalankan tugas ke Pulau Mandangin karena kendala keterbatasan transportasi.

Yuliadi Setiyawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang mengatakan, penyediaan kapal cepat itu berkat kerja sama antara Pemkab Sampang dengan PT Penguasa Laut Nusantara.

"Melalui kapal cepat ini, waktu tempuh dari Pelabuhan Tanglok menuju Pulau Mandangin bisa lebih cepat, yakni hanya antara 15 hingga 20 menit", ujarnya. Jumat, 6 September 2024.

Foto Kapal Cepat yang disediakan oleh Pemkab Sampang untuk Tenaga Pendidik dan Kesehatan Ke Pulau Mandangin (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).Kapal cepat yang disediakan oleh Pemkab Sampang untuk tenaga pendidik dan kesehatan Ke Pulau Mandangin (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).

Menurutnya, kapal cepat itu juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, dengan tarif Rp40 ribu untuk perjalanan pulang-pergi. Ongkos tersebut sudah disubsidi oleh pihak perusahaan kapal.

Sementara untuk kapasitas kapal cepat tersebut bisa membawa 36 penumpang dan 4 anak buah kapal. "Kami berharap, kapal ini bisa menjadi transportasi laut alternatif bagi warga Pulau Mandangin," harapnya.

Ke depan, pihaknya akan memikirkan skema tarifnya agar tidak membebani para ASN yang hendak bertugas ke Pulau Mandangin.

Skema yang dimaksud seperti mengajukan bantuan keuangan kepada Pemprov Jatim untuk subsidi kapal tersebut. Bisa juga memberikan tambahan TPP khusus bagi ASN yang bertugas di Pulau Mandangin.

"Dengan adanya kapal cepat ini kami berharap dapat dimanfaatkan secara optimal untuk melayani masyarakat," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kapal Cepat Tenaga Pendidik dan Kesehatan Pulau Mandangin Pemkab Sampang Pelabuhan Tanglok