Pemudik ke Pacitan Tergolong Masih Tinggi, Harga Tiket Bus Naik Dua Kali Lipat

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

13 April 2024 06:00 13 Apr 2024 06:00

Thumbnail Pemudik ke Pacitan Tergolong Masih Tinggi, Harga Tiket Bus Naik Dua Kali Lipat Watermark Ketik
Suasana Terminal tipe A Pacitan yang dipadati penumpang mudik lebaran, Sabtu (13/4/2024). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pasca hari H Lebaran 1445 Hijiriah, arus penumpang mudik ke Pacitan, Jawa Timur tergolong masih tinggi.

Berdasarkan data arus penumpang dari Terminal Tipe A Pacitan, jumlah kedatangan penumpang mudik dari berbagai daerah terpantau padat pada H+2 Lebaran ini.

Tercatat, sebanyak 1.279 orang telah tiba di Pacitan sejak Hari Raya Idul Fitri hingga hari ini. 

"Sedangkan, untuk jumlah pemudik yang kembali dari Pacitan. Angkanya dibawah kedatangan, yakni 1.059 orang," terang Suyono, Kepala Pelaksana Terminal Tipe A Pacitan, Sabtu (13/4/2024).

Lebih lanjut, Suyono mengatakan bahwa arus balik kemungkinan masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Diprediksi, puncaknya adalah besuk.

"Kemungkinan puncaknya di H+4 Lebaran atau besuk," ungkapnya.

Pihak terminal pun telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Foto Pemantauan kenaikan harga tiket yang dilakukan pihak Terminal Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pemantauan kenaikan harga tiket yang dilakukan pihak Terminal Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Penyesuaian Harga Tiket Bus

Seiring dengan meningkatnya jumlah pemudik, harga tiket bus pun mengalami kenaikan. Rata-rata harga tiket bus naik dua kali lipat dari harga normal.

Kenaikan ini, rata-rata mulai berlaku pada tanggal 10 April 2024 atau hari H Lebaran kemarin lusa.

"Contohnya, untuk PO Bus Sedya Mulya, harga tiket paling tinggi naik menjadi Rp580 ribu pada periode 12-21 April. Sedangkan seiring menuju tanggal 1 Mei, harga tiket turun kembali diangka Rp250 ribu," jelas Suyono.

"Untuk PO Bus GMS dengan trayek Jawa Tengah, harga tiket tertinggi mencapai Rp500 ribu pada H+3 ini," tambahnya.

Suyono menghimbau kepada para pemudik yang hendak kembali ke Pacitan untuk bersabar dan mematuhi aturan lalu lintas. Ia pun memberikan sejumlah tips bagi para pemudik yang menggunakan moda transportasi bus. 

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Naik Bus

  • Datanglah ke terminal tepat waktu: Hindari berangkat di menit-menit terakhir untuk menghindari kemacetan dan antrean panjang di terminal.
  • Perhatikan barang bawaan: Selalu awasi barang bawaan, jangan tinggalkan tanpa pengawasan. Hati-hati terhadap copet dan penipuan.
  • Patuhi peraturan di dalam bus: Ikuti instruksi dari kernet dan patuhi peraturan di dalam bus, seperti larangan merokok dan membuang sampah sembarangan.
  • Manfaatkan fasilitas yang tersedia: Bus biasanya menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, AC, dan tempat untuk mengisi daya gadget. Manfaatkan fasilitas tersebut dengan bijak.
  • Istirahatlah yang cukup: Perjalanan mudik bisa memakan waktu lama. Pastikan istirahat yang cukup agar tidak kelelahan. Manfaatkan waktu istirahat di rest area untuk meregangkan tubuh dan makan.
  • Tetap waspada dan berhati-hati: Selalu waspada dan berhati-hati selama perjalanan. Hindari mengantuk saat mengemudi dan perhatikan kondisi kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pemudik yang hendak kembali ke wilayahnya masing-masing. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan terminal pacitan Mudik di Pacitan Bus Pacitan Idulfitri lebaran
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1