Penetapan Presiden Terpilih 2024 Hari Ini, 4.051 Personel Gabungan Amankan Kantor KPU

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

24 April 2024 02:01 24 Apr 2024 02:01

Thumbnail Penetapan Presiden Terpilih 2024 Hari Ini, 4.051 Personel Gabungan Amankan Kantor KPU Watermark Ketik
Gedung KPU RI di Jakarta Pusat. (Foto: InfoPublik)

KETIK, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024 hari ini, Rabu (24/4/2024). Acara diagendakan berlangsung mulai pukul 10.00 wib.

Presiden RI Joko Widodo dan seluruh pasangan calon serta pimpinan lembaga tinggi negara dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya mengerahkan 4.051 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan penetapan presiden di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Ribuan personel tersebut disebar ke 6 sektor antara lain sektor KPU RI, Bawaslu RI, Istana Negara, Kedutaan Besar Negara Asing, Bundaran HI dan DPR/MPR RI," kata Ade Ary dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (24/4/2024).

Ade Ary mengimbau masyarakat untuk menghindari lalu lintas di sekitar KPU mulai pagi ini. Pengguna jalan diimbau mencari jalur alternatif.

Polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional, tergantung kondisi di lapangan. Pengalihan arus lalu lintas akan diterapkan manakala terjadi eskalasi di lapangan.

Lebih lanjut Ade Ary mengimbau kepada masyarakat yang akan datang ke kantor KPU untuk memberikan dukungan maupun menyampaikan pendapat di muka umum agar memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

"Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang pernyataan pendapat hak setiap warga negara," katanya.

Lebih lanjut, Ade Ary menyampaikan seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta laksanakan tugas sesuai Prosedur.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini juga meminta masyarakat untuk menciptakan perdamaian dan keamanan jelang penetapan presiden terpilih 2024 ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

pilpres2024 pemilu2024 Penetapan presiden terpilih Prabowo-gibran KPU RI polda Metro