Pengamat Politik UTM Sebut Dukungan Risma Sangat Berpengaruh di Pilwali Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Juni 2024 07:16 17 Jun 2024 07:16

Thumbnail Pengamat Politik UTM Sebut Dukungan Risma Sangat Berpengaruh di Pilwali Surabaya Watermark Ketik
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Instagram @Kemensosri)

KETIK, SURABAYA – Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam memandang dukungan Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada salah satu pasangan calon di Pilwali Kota Surabaya cukup penting mengingat sosoknya yang sangat dikagumi warga Surabaya.

Surokim memandang bahwa sejauh ini hubungan antara Risma dengan Eri Cahyadi cukup baik. Sebagai sesama kader PDIP, besar kemungkinan Risma akan kembali mendukung duet Eri-Armuji di Pilwali Surabaya.

"Sejauh ini saya lihat Bu Risma masih condong ke Pak Eri ya. Karena sejauh ini hubungan mereka masih terlihat baik dan belum ada konflik yang terlihat," jelas Surokim saat dihubungi Ketik.co.id.

Walaupun belum memberikan dukungan secara gamblang, namun pengaruh Risma masih sangat kuat di ranah perpolitikan Surabaya. Sosoknya yang tegas dan keberhasilannya dalam membangun Kota Pahlawan sangat dikagumi banyak pihak.

Dukungan Risma dipercaya dapat meningkatkan kekuatan elektabilitas dan elektoral paslon yang akan berlaga di Pilwali Kota Surabaya.

"Sosok Bu Risma ini masih sangat kuat ya, dan dukungan Bu Risma sangat penting untuk menaikkan angka elektoral para paslon yang akan bersaing di Pilwali Surabaya, " tambahnya.

Terkait kemungkinan Risma mendukung eks Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan, Surokim melihat kemungkinan itu masih kecil. Karena sejauh yang terlihat hubungan Eri dengan Risma masih kuat, sehingga masih kecil kemungkinan Risma berbalik mendukung Hendro.

"Menurut saya sulit ya Mas Hendro untuk mendapat dukungan Bu Risma. Karena Bu Risma itu hubungannya cukup kuat dengan Mas Eri," imbuhnya.

Sebagai seorang incumbent, Wakil Rektor III UTM tersebut melihat pasangan Eri dan Armuji masih sangat kuat. Hal ini tak lepas dari kinerja mereka selama 5 tahun yang bisa dibilang cukup banyak membuat gebrakan dan inovasi.

"Diperlukan sosok yang familiar dan kuat untuk melawan pasangan Eri-Armuji di Pilwali Surabaya nanti. Karena memang mereka elektoralnya cukup kuat karena incumbent," pungkasnya.(*)

Tags:

politik Pilwali Surabaya Eri Cahyadi Armuji Dukungan PDIP Surokim Elektoral