Penggergajian Kayu di Pacitan Ludes Terbakar, Mesin Diesel Diduga Penyebab

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Marno

12 September 2024 05:27 12 Sep 2024 05:27

Thumbnail Penggergajian Kayu di Pacitan Ludes Terbakar, Mesin Diesel Diduga Penyebab Watermark Ketik
Petugas berhasil memadamkan api di tempat penggergajian kayu Pacitan, Rabu, 11 September 2024, malam. (Foto: Damkar for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Si jago merah melahap habis sebuah tempat penggergajian kayu di Dusun Krajan Kidul, Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Rabu, 11 September 2024, malam.

Bangunan semi permanen milik Suroto tersebut hangus dilalap api, bersama dengan mesin diesel dan dua mesin pemotong kayu.

Menurut warga setempat, Widodo Talogo, kebakaran ini pertama kali dilaporkan sekitar pukul 19.03 WIB.

Tim pemadam kebakaran bergerak cepat, diberangkatkan pada pukul 19.05 WIB, dan tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 19.15 WIB. Hanya dalam tujuh menit, tepatnya pukul 19.22 WIB, api berhasil dikuasai.

Proses pembasahan dan pengamanan area selesai pada pukul 19.37 WIB, memastikan situasi kembali kondusif.

Tiga unit pemadam kebakaran yang diterjunkan adalah Unit Fire Destroyer, Unit Fire Hunter, dan Unit Watersupply, yang secara sinergis berperan penting dalam mengatasi kebakaran yang meluas hingga area sekitar 7 x 5 meter.

Muksin, salah satu saksi mata di lokasi, mengungkapkan, api diduga berasal dari mesin diesel yang mengalami masalah.

"Kemungkinan api berasal dari mesin diesel, yang kemudian menjalar melalui serbuk gergaji ke tangki bahan bakar plastik, menyebabkan api cepat membesar," jelasnya.

Meski kebakaran ini cukup parah, beruntung tidak ada korban jiwa. Sementara itu, kerugian materiil masih dihitung oleh pihak terkait, dan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sugito, kepala Bidang Pemadam Kebakaran Pacitan, memuji kinerja timnya dalam merespons cepat dan mengendalikan situasi.

"Tim berhasil memadamkan api pokok hanya dalam tujuh menit setelah tiba di lokasi. Kami akan terus meningkatkan kesiapan dan respons dalam menghadapi kejadian serupa di masa depan," tuturnya.

Sebagai langkah preventif, warga Pacitan diimbau untuk lebih waspada, terutama di lingkungan yang menggunakan mesin dan bahan bakar. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Kebakaran di Pacitan