Pengumuman! BUMN Buka Rekrutmen Program Bakti Diaspora

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

18 Mei 2024 05:09 18 Mei 2024 05:09

Thumbnail Pengumuman! BUMN Buka Rekrutmen Program Bakti Diaspora Watermark Ketik
Gedung Kementerian BUMN. (Foto: Google Maps)

KETIK, JAKARTA – Menyongsong BUMN Go Global, BUMN terus menciptakan lapangan pekerjaan melalui rekrutmen pegawai BUMN khususnya bagi Diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Magenta BUMN, Bakti Diaspora untuk Indonesia adalah program yang diselenggarakan BUMN dengan tujuan mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi BUMN untuk dapat menarik dan merekrut para Diaspora sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan melalui proses seleksi yang telah kami siapkan," terang Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata.

Ada 135 lowongan kerja yang dibuka oleh 12 perusahaan BUMN, misalnya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG dan PT Mineral Industri Indonesia.

Rekrutmen ini bisa diikuti oleh warga negara Indonesia yang saat ini menjadi profesional di luar negeri hingga mereka yang pernah menempuh pendidikan formal yaitu sarjana, magister atau doktoral di luar negeri.

Tedi menyebut, pengumuman dan proses rekrutmen dilakukan secara online dengan mengakses website Magenta, untuk link klik di bawah ini.

Bakti Diaspora BUMN 2024

Magenta (magentaku.id) merupakan platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Adapun, rangkaian program diawali dengan pelaksanaan Pre-Event: Virtual Enhancement Week berupa talk show terkait BUMN dan peluang berkarir di BUMN bagi para diaspora.

Syarat Program Bakti Diaspora BUMN 2024

Syarat yang harus dipenuhi pendaftar terbagi menjadi dua, yakni syarat umum dan administratif. Untuk syarat umumnya adalah:

1. Aktif dalam program master atau doktoral di luar negeri atau lulusan master luar negeri yang belum bekerja.

2. Sehat secara fisik dan mental.

3. Memiliki tekad untuk berkontribusi bagi Indonesia melalui SOE (State-Owned Enterprises)/BUMN.

Sementara itu, dokumen yang dipersyaratkan adalah sebagai berikut:

1. Ijazah atau transkrip nilai pendidikan terakhir.
2. Kartu pelajar (mahasiswa) atau surat rekomendasi.
3. Motivation letter 4. Commitment letter 5. Pakta integritas/integrity pact
4. Curriculum Vitae (CV)

Adapun khusus program Postdoctoral Joint Research, ini beberapa syarat yang harus dipenuhi diambil dari akun Instagram @kementerianbumn:

1. Warga negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan doktoral di New York, Vancowver, atau area sekitarnya.

2. Maksimal 3 tahun pendidikan doktoral pascasarjana.

3. Harus memiliki pengalaman yang relevan dan keahlian dalam bidang yang dipilih dan dibuktikan berdasar track record/portofolio berupa penelitian serta inovasi.

4. Bisa menghadiri wawancara luring dengan BUMN di New York pada 9-10 Juni 2024 atau di Vancowver pada 13-14 Juni 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

BUMN rekrutmen bakti diaspora Diaspora Bumn persyaratan diaspora Kementerian BUMN Lowongan Kerja