Penting Inilah Cara Mendidik Anak Tanpa Meninggalkan Trauma

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 Juni 2024 23:20 17 Jun 2024 23:20

Thumbnail Penting Inilah Cara Mendidik Anak Tanpa Meninggalkan Trauma Watermark Ketik
Ilustrasi mendidik anak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Dalam mendidik anak, banyak orang tua bingung menentukan cara yang tepat. Baik saat anak masih balita, memasuki usia remaja hingga menjelang dewasa. Berbagai fase pertumbuhan anak tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi orang tua untuk melakukan penyesuaian.

Pengendalian emosi anak merupakan salah satu hal yang cukup menantang bagi orang tua dalam menghadapinya. Penting untuk memahami bahwa perilaku tersebut bukan berarti anak nakal. Sebaliknya, ini adalah tanda bahwa anak membutuhkan bantuan untuk belajar bagaimana mengendalikan emosi mereka.

Baik saat menghadapi balita yang berteriak-teriak atau remaja yang sedang marah, mungkin akan sulit dalam mengendalikan emosi. Orang tua pun juga dituntut untum sabar dalam memberikan pengertian tanpa menggunakan kekerasan fisik.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua agar dapat mendidik anak tanpa meninggalkan rasa trauma.

1. Tunjukkan contoh yang baik

Ada pepatah yang mengatakan anak adalah peniru yang baik, mereka akan meniru segala hal yang diperlihatka oleh orang tuanya. Oleh sebab itu orang tua harus menunjukkan pengendalian emosi dan perilaku yang baik agar dapat ditiru oleh anak.

2. Berikan anak konsekuensi

Hal kedua yang harus diajarkan pada anak adalah dimana segala sesuatu pasti memiliki efek domino yang memiliki konsekuensi. Baik dan buruknya konsekuensi yang diterima tentu bergantung dengan apa yang telah dilakukan.

Salah satu cara agar mendidik anak secara efektif adalah dengan mengajari mereka tentang akibat dari tindakan mereka. Menerapkan pendekatan ini akan mengurangi kemungkinan mereka untuk tersinggung ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

3. Batasi akses anak ke internet

Di era kecanggihan internet seperti saat ini orang tua harus memberikan batasan kepada anak agar informasi yang didapat oleh anak tidak berlebihan dan sesuai dengan usia mereka.

Orang tua harus pandai memilah konten apa saja yang pantas ditonton oleh anak dan batasi penggunaannya. Karena Internet dapat menimbulkan kecanduan khususnya bagi anak anak moderen.

4. Jangan bersikap kasar

Mendidik anak harus dilakukan dengan sikap yang positif. Karena dengan sikap yang kasar dapat menimbulkan trauma pada anak. Belum lagi sikap kasar yang kita tunjukkan kemungkinan akan ditiru oleh anak di kemudian hari.

Jadi, selalu ingatlah untuk tidak terburu-buru terbawa emosi sampai menggunakan cara membentak apalagi kekerasan dalam bentuk apa pun.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting Mendidik Anak trauma orang tua pengendalian emosi