Penting! Unesa Campus Expo Terangkan Perbedaan Aturan SNBP 2024

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 Februari 2024 21:42 13 Feb 2024 21:42

Thumbnail Penting! Unesa Campus Expo Terangkan Perbedaan Aturan SNBP 2024 Watermark Ketik
Unesa Virtual Campus Expo 2024. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) mulai dibuka besok, 14 Februari 2024. Sebelum melakukan pendaftaran, ada banyak hal yang perlu diperhatikan peserta di antaranya yang perlu dipahami baik-baik yaitu ketentuan pendaftaran.

Itu yang ditekankan dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE) di Rektorat, Kampus II Lidah Wetan, pada Selasa, 13 Februari 2024. 

Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA, Dr. Sukarmin, M.Pd., memaparkan bahwa ada perbedaan ketentuan SNBP tahun ini dengan sebelumnya.

Perbedaan tersebut meliputi Pertama, akun. Ketentuan tahun ini yaitu peserta harus sudah membuat akun yang digunakan untuk dua seleksi sekaligus yaitu SNBP dan SNBT. Pembuatan akun ditutup pada 15 Februari 2024. Bagi para siswa yang ingin mendaftar diharapkan segera membuat akun.

Kedua, sanksi. Tahun lalu ketika peserta lolos SNBP kemudian tidak dijalani, sanksinya hanya berhenti di SNBT. Namun berbeda pada tahun ini, bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBP kemudian tidak dijalani, maka dikenakan sanksi tidak bisa ikut UTBK-SNBT dan tidak bisa ikut jalur Mandiri di perguruan tinggi manapun se-Indonesia. 

Mengingat sanksi yang cukup berat ini diharapkan para siswa memikirkan baik baik resiko yang dihadapi. Terutama terkait pemilihan kampus dan program studi (prodi) Karena jika sudah dinyatakan lolos disuatu universitas dengan prodi tertentu mau tidak mau harus dijalani.

"Sanksi ini tidak hanya berlaku pada tahun ini, tetapi juga 2 tahun kedepan. Terkait ketentuan memilih prodi, tidak ada perbedaan dengan sebelumnya, peserta bebas memilih prodi mana yang inginkan," jelas Sukarmin.

Sukarmin menyarankan agar dalam memilih prodi agar disesuaikan dengan kemampuannya. Selain itu, disarankan agar peserta bisa memilih prodi yang selaras atau dekat dengan jurusannya waktu di SLTA agar proses adaptasi belajar, proses kuliah dan lulusnya tidak terlalu berat. 

"Perlu diingat baik-baik peserta bahwa jangan hanya memikirkan asal bisa masuk kuliah di prodi manapun, tetapi pikirkan bagaimana proses dan keluarnya nanti,"pungkasnya.(*)

Tags:

Pendidikan Siswa SNBP 2024 Unesa Unesa Campus Expo Perbedaan Aturan