Penuhi Kebutuhan LNG untuk PLTG Sambera, PTGN Perkuat Infrastruktur

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

14 Maret 2023 03:22 14 Mar 2023 03:22

Thumbnail Penuhi Kebutuhan LNG untuk PLTG Sambera, PTGN Perkuat Infrastruktur Watermark Ketik
Salah satu infrasuktur yang disiapkan PTGN untuk memenuhi kebutuhan LGN untuk PLTG Sambera. (Foto: PTGN)

KETIK, JAKARTA – Memenuhi kebutuhan Liquefied Natural Gas (LNG) ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sambera, Samarinda, Kalimantan Timur, PT Pertagas Niaga (PTGN) menyediakan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan gas. Dengan penyediaan ini, PTGN dapat memenuhi kebutuhan LNG untuk PLTG Sambera.

PTGN menyadari bahwa PLTG Sambera mempunyai peran penting dalam penyediaan suplai listrik masyarakat di kawasan Kalimantan Timur. PLTG Sambera ini menggunakan bahan bakar gas yang pasokannya berasal dari PTGN berdasarkan kontrak Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) hasil regasifikasi LNG dari Bontang. 

Dalam rangka menjaga kehandalan operasional atas fasilitas tersebut, PTGN selaku pihak penjual dalam PJBG, secara berkala melakukan koordinasi baik dengan Risco selaku mitra maupun dengan PLTG Sambera selaku pembeli.

Terlepas dari dispute mengenai hak kewajiban masing-masing pihak, saat ini masih terus dilakukan proses komunikasi dan negosiasi. PTGN menyatakan tunduk terhadap ketentuan legal yang ada. Dalam kerjasama ini juga PTGN menyatakan sudah melaksanakan kewajiban dan hak tanggung jawab masing-masing pihak serta kerjasama dengan mitra sesuai kontrak.

Selain itu, untuk menjaga pasokan gas hasil regasifikasi LNG ke PLTG Sambera, saat ini PTGN tengah mengajukan alokasi LNG kepada regulator untuk dapat memenuhi kebutuhan domestik yaitu salah satunya untuk PLTG Sambera. 

”Kami juga terus berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna mengupayakan ketersediaan stok LNG untuk dapat didistribusikan kepada konsumen termasuk sektor kelistrikan antara lain PLTG Sambera,” jelas President Director Pertagas Niaga, Aminuddin.

PTGN berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis bagi para stakeholder dalam mendukung penuh program Pemerintah dalam era transisi energi dan pemanfaatan energi bersih secara berkelanjutan diseluruh wilayah Indonesia. (*)

Tags:

gas PLTG PTGN Jakarta