Peringatan Pramuka ke-63 Tingkat Kwartir, Asahan Mulai Tunjukkan Eksitensi

Jurnalis: Ilham Manday
Editor: M. Rifat

12 September 2024 00:01 12 Sep 2024 00:01

Thumbnail Peringatan Pramuka ke-63 Tingkat Kwartir, Asahan Mulai Tunjukkan Eksitensi Watermark Ketik
Bupati Asahan, H. Surya menyerahkan cinderamata kepada pengurus gerakan pramuka Asahan, 11 Sptember 2024. (Foto : Diskominfo Asahan)

KETIK, ASAHAN – Pada peringatan Hari Pramuka ke-63, Bupati Asahan H.Surya menghadiri upacara yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Asahan di Halaman Kantor Bupati Asahan, Rabu (11/09/2024). 

Acara diawali dengan laporan panitia oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Asahan Basuki. Dalam laporannya Basuki menyampaikan peserta Upacara pada Peringatan hari Pramuka ke-63 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan tahun 2024, adalah Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka sejajaran Kwarcab Asahan.

Pramuka-Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sejajaran Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan, Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sejajaran Kwartir Ranting Kota Kisaran Timur dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kota Kisaran Barat. 

"Adapaun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada Upacara tersebut, antara lain penilaian Kwartir Ranting tergiat yang dilaksanakan dari Bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2024, ziarah ke makam-makam Penggiat Pramuka, Pengurus Pramuka pada tanggal 08 September 2024, dan ulang janji/renungan dilaksanakan tanggal 10 September 2024," ungkapnya.

Bupati Asahan, H Surya selaku Inspektur upacara membacakan pidato tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso. Dimana pada pidatonya beliau menjelaskan, Pramuka saat ini terus menunjukkan eksitensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan.

"Terutama dalam character building, pengabdian masyarakat seperti perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat dalam Tim SAR, kegiatan bakti seperti bedah rumah, kegiatan lingkungan seperti menanam pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah, dan sosialisasi hemat energi," ujarnya.

Dirinya juga berpesan, Pramuka juga terus melakukan adaptasi teknologi, mewujudkan ketahanan pangan dengan bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization (FAO), memberikan pelatihan kepemimpinan, program kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi digital, dan transformasi kurikulum supaya bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan yang akan datang.

“Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi gerakan pramuka, dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2024, untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Pramuka merupakan kegiatan yang tepat untuk menghadapi perubahan zaman," tutup Bupati Asahan yang juga Kamabicab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Peringatan Hari Pramuka ke-63 Bupati Asahan H. Surya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Asahan Ketua Kwartir Nasional Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.