Perputaran Ekonomi Kota Malang Jelang Nataru Diprediksi Meningkat, Pariwisata Jadi Andalan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

26 Desember 2023 06:26 26 Des 2023 06:26

Thumbnail Perputaran Ekonomi Kota Malang Jelang Nataru Diprediksi Meningkat, Pariwisata Jadi Andalan Watermark Ketik
Aktivitas pelaku UMKM Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kota Malang mampu membawa dampak yang cukup baik bagi perputaran ekonomi. Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memprediksikan perputaran ekonomi mampu meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. 

"Saya sih inginnya sampai lima kali lipat, tapi kan rasionalnya mungkin tiga sampai empat kali lipat," ujar Wahyu, Selasa (26/12/2023). 

Terlebih pada saat Nataru, mulai terlihat banyak kendaraan yang keluar-masuk ke Kota Malang. Hal tersebut terlihat dari pantauan kemacetan dinousat kota yang terjadi sejak Sabtu (23/12/2023). 

"Daei Sabtu kemarin sudah macet. Saya (dapat) laporan dari Jasamarga Tol bahwa sudah 12 ribu kendaraan yang masuk, dan itu masih hari pertama," lanjutnya. 

Wahyu juga telah menerima laporan bahwa gelombang wisatawan masih dapat terus terjadi. Ia berharap Kota Malang tidak hanya terimbas oleh kemacetannya saja. 

Pasalnya Kota Malang telah berkembang bersama dengan beragam produk UMKM andalannya. Momen Nataru tentu dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM berkembang dan menarik semakin banyak peminat. 

Tak hanya itu perputaran ekonomi yang terjadi diharapkan dapat berimbas pada tingkat inflasi yang semakin dapat dikendalikan. 

"Harapannya nanti masyarakat Kota Malang terutama UMKM bisa terdampak Nataru ini. Sudah ada kenaikan dari jumlah wisatawan yang datang, mereka juga pasti mencari destinasi wisata juga," lanjut Wahyu. (*) 

Tags:

Perputaran Ekonomi Kota Malang umkm kota malang Nataru kendaraan masuk pariwisata