Pertama Kali di Indonesia, Kodim 0732/Sleman Gelar Apel Danramil dan Babinsa

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

8 Juni 2024 16:15 8 Jun 2024 16:15

Thumbnail Pertama Kali di Indonesia, Kodim 0732/Sleman Gelar Apel Danramil dan Babinsa Watermark Ketik
Para peserta Apel Danramil dan Babinsa yang baru petama kali digelar di Indonesia (8/6/2024). (Foto: Pendim 0732/Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Apel level Dansat Dandim ke atas memang sudah sering dilakukan. Namun, jika Apel bagi Danramil dan Babinsa seperti yang dilakukan jajaran Kodim 0732/Sleman pada Sabtu (8/6/2024) baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia.

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0732/Sleman Kapten Arm Abdul Farid di sela kegiatan menyampaikan bahwa Apel Komandan Koramil dan Bintara Pembina Desa (Danramil dan Babinsa) ini dilakukan selama dua hari. Yakni pada Sabtu-Minggu (8-9/6/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema 'Melalui Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0732/Sleman, Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Dalam Pelaksanaan Tugas Pokok'.

Selain bertujuan untuk mengingatkan kembali dan memelihara kemampuan prajurit, kegiatan tersebut sekaligus sebagai sarana refresing bagi 17 Danramil dan 34 Babinsa yang ada di jajaran Kodim 0732/Sleman.

Sehingga, diharapkan nantinya juga mampu mendukung tugas pokok di wilayah masing-masing. "Kegiatan ini dimaksudkan untuk memelihara kemampuan prajurit dan mendukung pelaksanaan tugas Komando Kewilayahan Kodim 0732/Sleman," terang Farid.

Foto Apel Danramil dan Babinsa, antara lain
bertujuan untuk mengingatkan kembali dan memelihara kemampuan Prajurit. (Foto: Pendim 0732/Sleman for Ketik.co.id)Para peserta Apel Danramil dan Babinsa saat berkegiatan (8/6/2024). (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Pelaksanaan Apel Danramil dan Babinsa tersebut bertempat di Bumi Matahari Turi Sleman. Disebutkan oleh Kapten Arm Abdul Farid, pada hari pertama para Danramil dan Babinsa dibagi sektor untuk melaksanakan pendirian tenda perorangan dan dilanjutkan Ishoma.

Selanjutnya mereka melaksanakan kegiatan Han Mars menuju Wisata Edukasi Sahabat Ternak Kambing Etawa Kemiri Kebo Turi Sleman. Berikutnya para peserta diajak kembali mendalami materi Navigasi Darat, Pionir dan Longmalap, serta Ishoma pada sore harinya.

Sekitar pukul 19.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Kapolresta Sleman Kombes Pol Yuswanto Ardi, SH, SIK, MSi. Dia menyampaikan materi menyangkut sinergitas TNI-Polri.

Kehadiran orang nomer 1 di Polresta Sleman tersebut atas undangan Dandim 0732/Sleman, Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang, SSos MHan. Sedangkan acara berikutnya adalah Api Unggun dan hiburan dari Dinosaurus Band.

Foto Kapolresta Sleman Kombes Pol Yuswanto Ardi, SH, SIK, MSi menyampaikan materi menyangkut sinergitas TNI-Polri, Sabtu (8/6/2024) didampingi oleh Dandim Sleman. (Foto: Pendim 0732/Sleman for Ketik.co.id)Kapolresta Sleman Kombes Pol Yuswanto Ardi, SH, SIK, MSi menyampaikan materi menyangkut sinergitas TNI-Polri, Sabtu (8/6/2024) didampingi oleh Dandim Sleman. (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Sementara kegiatan pada hari kedua, setelah bangun pagi para peserta melaksanakan pembersihan, makan pagi dilanjutkan senam pagi, jalan kaki.

Pada hari kedua juga dilakukan lomba memasak, jam komandan dan diakhiri dengan pengecekan akhir kemudian kembali ke homebase.

Berbeda dengan Apel Dansat 'back to basic', kegiatan ini dilakukan bukan dalam rangka pengamanan pada momentum tertentu atau lainnya. Namun merupakan kegiatan layaknya seperti pendidikan awal saat mereka masuk menjadi prajurit TNI. (*)

Tags:

Apel Danramil dan Babinsa Pertama kali di Indonesia Kodim 0732/Sleman Dandim Sleman Kapolresta Sleman Turi Sleman