Pesona Danau Linow di Tomohon Sulut, Unik dan Estetik dengan Tiga Warna Berbeda

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

18 Mei 2024 09:03 18 Mei 2024 09:03

Thumbnail Pesona Danau Linow di Tomohon Sulut, Unik dan Estetik dengan Tiga Warna Berbeda Watermark Ketik
Danau Linow (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, TOMOHON – Danau Linow memiliki luas sekitar 34 hektare, terletak di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Objek wisata ini merupakan danau 3 warna di Tomohon yang berjarak 32 km dari Kota Manado atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Danau Linow juga bisa ditempuh 7-8 km dari Kota Tomohon.

Danau Linouw (Linow) adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di luar Tomohon, dekat Manado, Indonesia. Beberapa lubang hidrotermal memuntahkan gas panas dari tepi dan kedalaman danau.

Komposisi kimiawi yang berubah dari danau berarti warnanya sering berubah warna, mulai dari merah, hijau tua, dan bahkan biru gelap. Danau ini berbatasan di sisi-sisinya oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. 

Bau menyerupai telur busuk langsung menusuk hidung begitu tiba di area Danau Linow. Aroma ini berasal dari bau belerang yang tersebar di sekitar danau.

Konon, belerang ini merupakan sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Penamaan Linouw berasal dari bahasa Minahasa yang berarti tempat berkumpulnya air.

Air Danau Linow merupakan air panas yang mengandung sulfur dan magnesium sulfat, yang konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Foto Danau Linow saat berwarna hijau (Foto: Pesona Indonesia)Danau Linow saat berwarna hijau (Foto: Pesona Indonesia)

Namun, pengunjung harus berhati-hati dengan kubangan lumpur panas mendidih yang berada di tepi danau.

Di danau ini, kita bisa melihat warna air yang dapat berubah-ubah warna menjadi hijau, biru dan kuning kecoklatan. Perubahan terjadi karena unsur tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah.

Sementara di sekitar danau, hidup satwa endemik berupa burung belibis dan serangga. Oleh penduduk setempat, serangga unik yang hidup di air, bersayap dan bisa terbang ini dinamakan "sayok" atau "komo".

Serangga ini juga dikonsumsi penduduk. Burung-burung dari berbagai spesies juga membangun sarang di tepi danau, sehingga kadang-kadang kicauan burung kecil dan besar yang sedang melintasi danau.

Aneka ragam tumbuh-tumbuhan juga hidup di sana. Sebuah hamparan rumput hijau di tepi danau menjadi tempat yang cocok untuk duduk-duduk sambil berteduh di bawah pohon.

Wisatawan yang akan masuk ke kawasan Danau Linow, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp35.000. Tiket tersebut sudah termasuk segelas kopi atau teh.

Jika ada tambahan cemilan ringan khas Manado harga tentu berbeda. Fasilitas sudah cukup baik, tempat parkir dan toilet yang bersih. Lokasi danau Linow ini sudah ditandai dalam Google Maps. (*)

Tags:

pesona Danau Linow tomohon sulut Unik Estetik Tiga Warna Berbeda