Piala AFF U-19: Awal Manis! Garuda Muda Hajar Filipina 6 Gol Tanpa Balas

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

17 Juli 2024 15:38 17 Jul 2024 15:38

Thumbnail Piala AFF U-19: Awal Manis! Garuda Muda Hajar Filipina 6 Gol Tanpa Balas Watermark Ketik
Gol Arlyansyah membuka kran kemenangan Indonesia ke gawang Filipina, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Timnas Indonesia U-19 melumat Filipina U-19 dengan skor 6-0 pada laga pertama Piala AFF U-19 2024 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (17/7/2024).

Gol Indonesia dicetak Arlyansyah menit ke-12 dan 50, Iqbal Gwijangge menit ke-21 dan 42, Kadek Arel menit ke-28, dan Jens Raven menit 87. Kemenangan ini membuat Indonesia sementara menjadi pimpinan klasemen grup A.

Permainan Indonesia yang menyerang membuat pertahanan Filipina kelimpungan. Meskipun begitu, beberapa kali pemain Indonesia kerap kehilangan bola dil ini tengah. Namun, back up pemain lainnya cukup bagus yang membuat permainan Filipina kesulitan.

Gol pertama Indonesia dicetak Arlyansyah pada menit ke-12 memanfaatkan umpan silang mendatar Donny Tri.

Indonesia terus gencar melakukan berbagai serangan yang mengancam gawan lawan. Serangan itu akhirnya berbuah tiga gol tambahan dari Iqbal Gwijangge di menit ke-21 dan menit ke-42, serta gol sundulan Kadek Arel di menit ke-28. Indonesia menutup babak pertama dengan skor 4-0.

Foto Kedua pemain berebut bola lambung, Rabu (17/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pemain Indonesia dan Filipina berebut bola lambung, Rabu (17/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Pada babak kedua, Indonesia tidak menurunkan intensitas permaian menyerang. Melalui sisi kiri permainan menjadi senjata utama. Tak butuh waktu lama, di menit ke-50 Arlyansyah mencatatkan brace dan menambah keunggulan Garuda Muda menjadi 5-0 usai meneruskan umpan datar Donny Tri.

Filipina berkali-kali mencoba keluar melakukan serangan balasan. Namun, kuatnya pertahanan tim asuhan Indra Sjafri membuat gawang Timnas aman. Hal ini membuat Indonesia terus mengurung pertahanan anak asuh Josep Ferre.

Tim tamu memiliki peluang cukup terbuka di menit ke-83 melalui Samaniego Benz Joelle, namun tendangan datarnya yang tidak terlalu kencang mampu ditepis kiper Timnas Ikram Algiffari.

Di menit akhir, Indonesia justru berhasil menambah gol melalui Jens Raven di menit ke-87 memanfaatkan umpan Riski Afrisal. Timnas U-19 sukses menutup pertandingan dengan skor 6-0. (*)

Tombol Google News

Tags:

Indonesia vs Filipina Piala AFF U-19 Indonesia Indra Sjafri Surabaya Gelora Bung Tomo GBT