Pj Bupati Bondowoso Tinjau Pelaksanaan MOW Gratis untuk Ratusan Aseptor

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

15 Juli 2024 06:02 15 Jul 2024 06:02

Thumbnail Pj Bupati Bondowoso Tinjau Pelaksanaan MOW Gratis untuk Ratusan Aseptor Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto meninjau pelaksanaan MOW gratis didampingi Direktur RSUD dr Koesnadi Yus Priyatna (baju merah) dan Kepala Dinsos P3AKB Anissatul Hamidah (baju putih) (14/7/2024). (Foto: Ari Pangistu/ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Sebanyak 138 aseptor di Bondowoso mengikuti metode operasi wanita (MOW) atau lebih dikenal dengan steril di RSUD dr. Koesnadi pada Minggu (14/7/2024).

Layanan KB ini diberikan secara gratis dalam rangka bakti sosial keluarga berencana (KB) MOW kolaborasi antar DP3AKB Bondowoso,  RSUD dr. Koesnadi, dan TNI Angkatan Udara.

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, baru beberapa hari lalu Bondowoso mendapatkan penghargaan dengan capaian MOP (metode operasi pria) tertinggi ke dua di Jawa Timur.

Pihaknya menggelar MOW gratis kendati capaiannya sudah mencapai target. Karena, MOW dan MOP ini bukan hanya tentang kuantitas. Lebih dari itu, tujuannya untuk menekan kepadatan penduduk.

“Karena nanti jika terjadi kepadatan penduduk maka bisa terjadi krisis pangan. Jumlah penduduknya bertambah, tapi lahan pertaniannya berkurang,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pihaknya tak hanya melakukan kegiatan tersebut pada momen saat ini saja. Melainkan, terus dilakukan di RSUD dr. Koesnadi secara gratis bagi masyarkat yang membutuhkan.

“Gratisan ke rumah sakit,” urainya.

Menurut pria akrab disapa Bambang itu, khusus pada pelaksanaan MOW hari ini ada sejumlah dokter dari RS AU yang turut terlibat memberikan pelayanan.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan MOW ini berlangsung cepat. Dan mayoritas diikuti oleh wanita dengn rata-rata usia 35 tahun, dan telah memiliki 2-3 anak. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Pj Bupati Bondowos RSUD Koesnadi Dinsos P3AKB Bondowoso