Pj Gubernur Papua Panen Cabai di Lahan Warga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

27 Februari 2024 14:57 27 Feb 2024 14:57

Thumbnail Pj Gubernur Papua Panen Cabai di Lahan Warga Watermark Ketik
Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan bersama jajaran saat memanen cabai di lahan milik warga. (Foto: Pemprov Papua)

KETIK, JAYAPURA – Penjabat (Pj) Gubernur Muhammad Ridwan Rumasukun melakukan panen 40 kg cabai di lahan warga milik Pdt. Albert Suebu yang berada di Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/2/2024).

Muhammad Ridwan mengatakan lahan yang ditanami cabai ini dikelola secara mandiri oleh lima kelompok tani. Ia mengapresiasi pemilik lahan yang telah mendorong warga setempat untuk menanam cabai secara swadaya. 

Hal ini pun bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk memanfaatkan lahan yang tersedia secara maksimal, yang nanti hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.

"Apalagi sebentar lagi kita akan masuk pada bulan Puasa atau Lebaran. Kalau semua tanam cabai di pekarangan saya rasa maka harga jualnya saat hari raya akan normal karena tersedia dengan cukup," kata Ridwan. 

Selain menekan inflasi, lanjut Ridwan, inisiatif Pdt. Albert Suebu yang mendorong warga menanam cabai akan memberikan penghasilan tambahan bagi para kelompok tani setempat.

"Sebab dengan melibatkan kelompok warga untuk ikut menanam cabai, lalu kalau ini bisa digerakan dalam skala besar pasti akan membuat ekonomi mereka semakin meningkat," ujar dia. 

Ridwan memastikan bakal membantu alat pertanian bagi kelompok tani setempat. Di antaranya berupa bantuan alat pompa air dan pembuat bedengan.

Pihaknya juga akan memberikan "suntikan" dana bagi lima kelompok tani setempat dengan nilai masing-masing Rp10 juta.(*)

Tags:

Panen cabai Pemprov Papua Lahan warga kelompok tani Swadaya