Pj Gubernur Tinjau Dua UPT Milik Disperindag Jatim, Pastikan Beri Layanan Terbaik

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

12 Juli 2024 03:18 12 Jul 2024 03:18

Thumbnail Pj Gubernur Tinjau Dua UPT Milik Disperindag Jatim, Pastikan Beri Layanan Terbaik Watermark Ketik
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat berkomunikasi dengan pegawai UPT Disperindag Jatim, Kamis (11/7/2024). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meninjau langsung dua Unit Pelayanan Teknis (UPT) milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, Kamis (11/7/2024). Dia ingin memastikan dua UPT itu memberikan pelayanan terbaik.

"Kami pastikan supaya masyarakat yang bersentuhan langsung merasakan bahwa memang kita punya sebuah layanan yang prima dan baik untuk masyarakat," kata Adhy, Kamis (11/7/2024).

UPT PSMB-LT yang digunakan untuk melayani pengujian mutu dan sertifikasi semua produk ini dilengkapi salah satu alat penguji mutu barang tercanggih di Indonesia.

"Tahun kemarin kita sudah membeli mesin yang cukup canggih dan kabarnya ini tercanggih di Indonesia. Jadi ini harus kita pertahankan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pengujian pupuk juga ada di salah satu UPT. "Sehingga Kementerian Pertanian saja menguji semua produknya di sini dan ini potensinya sangat luar biasa," ucap Adhy.

Adhy mengindentifikasi alat dan mesin apa saja yang perlu direvitalisasi. Tujuannya tidak lain untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat. "Tadi kita lihat juga mana yang masih harus diperbaharui lagi teknologinya," ungkapnya.

Selain itu Adhy juga menyampaikan bahwa untuk bisa memberikan layanan kepada masyarakat yang lebih luas, pihaknya akan segera menyesuaikan peraturan gubernur yang mengaturnya. Pasalnya saat ini Pergub yang digunakan hanya mengatur untuk memberikan layanan kepada masyarakat di wilayah Jawa Timur saja.

"Karena Pergubnya itu masih untuk Jawa Timur, kami akan buka untuk bisa melayani nasional. Karena kebutuhan wilayah timur belum ada lab seperti ini, dan itu sangat potensial permintaannya," jelasnya.

Selanjutnya, ketika di UPT Industri Logam dan Perekayasaan Sidoarjo, Adhy langsung meninjau berbagai mesin-mesin penghasil spare parts dan berbincang dengan beberapa pegawai.

Usai meninjau, Adhy mengatakan bahwa akan diupayakan penyediaan bahan baku yang akan menunjang proses produksi. Sehingga hal ini akan memberikan keuntungan untuk membeli mesin yang lebih canggih.

“Saya harap tidak hanya jasa yang ditawarkan, tapi juga nantinya mampu bekerja sama dengan perusahaan yang lebih besar,” kata Adhy.

“Kalau bisa memproduksi kenapa tidak, nanti uangnya masuk ke pembiayaan lainnya,” imbuhnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Gubernur Jatim Pj Gubernur Jatim Adhy Adhy karyono UPT Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Jawa timur