Pj Wali Kota Batu Harapkan Eksistensi Tanaman Hias Lewat Batu Art Flower Carnival

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

27 Oktober 2024 19:19 27 Okt 2024 19:19

Thumbnail Pj Wali Kota Batu Harapkan Eksistensi Tanaman Hias Lewat Batu Art Flower Carnival Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu bersama Forkopimda menekan sirine pembukaan Batu Art Flower Carnival di sepanjang jalan Sudirman Kota Batu, Minggu 27 Oktober 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan bahwa Batu Art Flower Carnival diharapkan sebagai penyemangat petani untuk terus membudidayakan bunga hias.

Dikatakannya, salah satu tujuan kegiatan tersebut kita adalah mengenalkan produk tanaman hias Kota Batu yang sudah 70 persen menguasai pasar di wilayah Indonesia agar lebih dikenal masyarakat luas. 

"Jadi termasuk dengan adanya IKN ini kebutuhan tanaman hias sangat luar biasa yang diambil dari Kota Batu," katanya usai membuka Batu Art Flower Carnival, Minggu 27 Oktober 2024.

Aries menegaskan, dengan adanya festival karnaval bunga itu diharapkan semakin tinggi animo masyarakat dan juga dunia usaha terkait dengan tanaman hias Kota Wisata Batu.

Dikatakannya, tanaman hias dari Kota Batu tidak hanya menembus pasar nasional, tapi juga pasar internasional.

"Kemarin kita juga sudah mengekspor beberapa tanaman hias kita. Mudah-mudahan dengan adanya karnaval ini semakin mempromosikan produk kita yang begitu luar biasa," ulasnya.

Menurut Aries, banyak varian-varian tanaman hias yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain selain Kota Batu.

Maka dari itu, supaya tanaman hias terus eksis, pemerintah akan menjaga kebijakan agar petani tetap konsisten menanam tanaman hias.

"Jangan beralih ke tanaman lain karena kebutuhan tanaman hias ini kan luar biasa. Hampir setiap saat ada acara resmi atau kegiatan-kegiatan kenegaraan yang membutuhkan tanaman hias," ulas Aries.

Sebelumnya, Batu Art Flower Carnival 2024 menjadi puncak perayaan HUT ke 23 Kota Batu, Minggu 27 Oktober 2024.

Karnaval parade bunga tersebut melibatkan seluruh instansi pemerintah, sekolah, kecamatan, perwakilan desa serta sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota Wisata Batu.

Pawai itu dimulai dari Balaikota Among Tani dan berlangsung di sepanjang Jalan Panglima Sudirman.

"Ini kan lagi adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Batu dalam rangka hari jadi Kota Batu, kebetulan tahun 2024 ini hari jadi yang ke-23," pungkas Aries Agung Paewai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu HUT ke 23 Kota Batu Batu Art Flower Carnival Tanaman Hias Bunga Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai