PKB-Golkar Koalisi Jangka Panjang di Pilkada Sidoarjo, Partai-Partai Lain Dirangkul untuk Bangun Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

16 Mei 2024 11:47 16 Mei 2024 11:47

Thumbnail PKB-Golkar Koalisi Jangka Panjang di Pilkada Sidoarjo, Partai-Partai Lain Dirangkul untuk Bangun Sidoarjo Watermark Ketik
H Subandi duduk diapit Adam Rusydi dan Hj Mimik Idayana makan soto bersama didampingi kader-kader PKB, Golkar, dan Gerindra pada Kamis (16/5/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – DPC PKB Sidoarjo merancang koalisi besar dan permanen menghadapi Pilkada Sidoarjo 2024. Bangunan koalisi gemuk itu melibatkan banyak partai dan dirancang sebagai bentuk kerja sama dalam jangka panjang. Semua partai bakal terlibat membangun Kabupaten Sidoarjo untuk 5 tahun ke depan.

”Sidoarjo sudah lebih baik. Sekarang adalah momentum terbaik untuk membangun kekuatan politik demi menyejahterakan warga Sidoarjo,” kata Ketua DPC PKB Sidoarjo H Subandi SH MKn saat bertandang ke kantor DPD Partai Golkar Sidoarjo pada Kamis (16/5/2024).

H Subandi datang memenuhi undangan Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo Adam Rusdy untuk silaturahmi kebangsaan kedua partai. Dua partai tersebut bersepakat membangun koalisi untuk mengusung H Subandi dan Mimik Idayana. Mimik yang kader Partai Gerindra juga hadir dalam silaturahmi kebangsaan tersebut.

Keduanya adalah pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati (bacabup-bacawabup) dalam Pilkada Sidoarjo 2024. Pengurus teras ketiga partai pun berkumpul dalam satu ruangan. Mereka saling bersahutan meneriakkan yel-yel.

H Subandi, Hj Mimik Idayana, dan Adam Rusydi pun makan soto bareng di depan kantor Partai Golkar. Suasana cair. Ketiganya terlihat gayeng. Kader-kader ketiga partai pun berbaur satu sama lain. Kompak.

H Subandi menyatakan, rangkulan koalisi besar yang digagas PKB bersama Golkar itu akan melibatkan partai-partai lain di Sidoarjo. PKS, PAN, Demokrat, PDIP, PPP, dan partai-partai lain bakal digandeng untuk ikut bergabung.

”Kita terus menjalin komunikasi,” tambah H Subandi.

H Subandi berharap bergabungnya partai-partai itu akan berdampak besar bagi upaya mempercepat pembangunan Sidoarjo. Pembangunan tidak lagi berbasis golongan, warna, bahkan keluarga. Pembangunan Sidoarjo harus berbasis kebersamaan. Semua elemen diajak untuk menata Sidoarjo. Partai-partai politik perlu berperan aktif.

”Selama 5 tahun ke depan, kita berharap saran-saran dan masukan dari partai-partai koalisi besar,” ungkap H Subandi.

Foto Dari kiri, Adam Rusydi, Hj Mimik Idayana, H Subandi dan kader-kader PKB, Gerindra, dan Golkar menyatakan tekad untuk berkoalisi di Pilkada Sidoarjo 2024. (Foto: Fathur Roziq-Ketik.co.id)Dari kiri, Adam Rusydi, Hj Mimik Idayana, H Subandi dan kader-kader PKB, Gerindra, dan Golkar menyatakan tekad untuk berkoalisi di Pilkada Sidoarjo 2024. (Foto: Fathur Roziq-Ketik.co.id)

Bak gayung bersambut. Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo Adam Rusydi menyambut baik uluran tangan koalisi dari H Subandi dan Hj Mimik Idayana. Golkar pun bertekad juga akan mengusung pasangan tersebut sebagai bacabup dan bacawabup di Pilkada Sidoarjo 2024.

”Silaturahmi yang baik ini tentu akan kami teruskan. Dan, kami usulkan ke (DPP Golkar) nama Pak Subandi dan Ibu Mimik Idayana untuk berlaga di Pilkada Sidoarjo,” ungkap Adam Rusydi.

Apakah keputusan ini sudah final? Adam Rusydi menyatakan insya Allah sikap Partai Golkar itu sudah final di tingkat Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya, DPD Partai Golkar Sidoarjo tinggal menunggu keputusan dari DPP Partai Golkar.

”Kami tegaskan, yang memutuskan rekom itu adalah DPP Golkar,” tambah Adam Rusydi.

Adam Rusydi sependapat dengan H Subandi. Membangun Sidoarjo tidak bisa sendirian. Juga bukan hanya tanggung jawab H Subandi sebagai Plt Bupati Sidoarjo saat ini. Membangun Sidoarjo harus dilakukan bersama-sama.

Keputusan mengusung H Subandi-Hj Mimik Idayana ini, lanjut Adam Rusydi, tidak berarti Partai Golkar tidak punya kader. Namun, modal pilkada tidak cukup hanya popularitas dan elektabilitas. Harus semua aspek disiapkan. Dari berbagai aspek itu, H Subandi dan Hj Mimik Idayana layak diusung sebagai pasangan bacabup-bacawabup.

”Kami titipkan pembangunan Kabupaten Sidoarjo agar menjadi kabupaten terbaik, nomor 1 di Jawa Timur,” tegas Adam Rusydi. (*)

Tags:

Pilkada Sidoarjo Pilkada 2024 PKB Sidoarjo Golkar Sidoarjo H Subandi Mimik Idayana Adam Rusydi