Polda Jatim Beri Pengamanan Ekstra Laga Arema VS Persebaya, 5 Kali Lipat Personel

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

21 September 2023 11:20 21 Sep 2023 11:20

Thumbnail Polda Jatim Beri Pengamanan Ekstra Laga Arema VS Persebaya, 5 Kali Lipat Personel Watermark Ketik
Kabid Humas Polda Jatim Dirmanto. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sejumlah 4.925 personel gabungan TNI, Polri beserta Pemkot Surabaya akan diterjunkan untuk pengamanan ekstra menyambut laga big match pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 23 September 2023 mendatang. 

Pengamanan ekstra ini dilakukan mengantisipasi adanya ancaman kamtibmas di masyarakat, mengingat gengsi kedua suporter yang besar beberapa menimbulkan kericuhan. 

"Jadi kami melakukan pengamanan melibatkan personel maksimal laga sebelumnya personel tidak sampai 1.000. Kali ini kami maksimalkan hampir 5 ribu," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Kamis, (21/9/2023). 

Jumlah personel itu secara teknis tak hanya disebar di area stadion saja. Tapi akan disebar ke beberapa titik seperti di area perbatasan yang akan dilakukan penyekatan mengantisipasi adanya suporter Arema yang datang ke Surabaya, lalu akan dilakukan operasi miras agar tidak masuk ke dalam stadion. 

Ia juga mengingatkan kepada suporter Arema FC dimanapun berada agar juga menaati perjanjian tahun 1996 di mana suporter tidak saling kunjung. 

Selain itu, mantan Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan itu juga mengatakan akan ada pengamanan ekstra bagi tim Arema mulai perjalanan dari Malang, di penginapan, dan perjalanan pulang pasca pertandingan. 

"Jadi hasil rakor kemarin di semua mekanisme proses laga nanti mulai di tempat tinggal pemain Arema maupun Persebaya kita jaga dan kami kawal pergi pulang," jelasnya. 

Demi keamanan semua, Dirmanto berpesan pula kepada Bonek Mania yang akan hadir dapat menyaksikan pertandingan dengan baik sesuai aturan yang ada. 

"Saya imbau agar masyarakat mencintai sepak bola dengan menonton sesuai aturan yang berlaku. Kalau tidak ada tiket ya jangan nonton," pesannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Persebaya VS Arema Polda Jatim 4.925 personel big match Kabid Humas Dirmanto