Polisi Gotong Royong Bersihkan Kali Ciputri Cimahi

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

15 Juli 2023 03:52 15 Jul 2023 03:52

Thumbnail Polisi Gotong Royong Bersihkan Kali Ciputri Cimahi Watermark Ketik
Polisi gotong royong bersama warga membersihan sungai (Foto: Humas Polres Cimahi)

KETIK, CIMAHI – Banjir yang kerap terjadi saat hujan turun di sepanjang Jalur Cibaligo hingga Cimindi, Kota Cimahi, diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk dan terhambat oleh tumpukan sampah.

Guna mengantisipasi hal tersebut puluhan personel kepolisian dari Polres Cimahi bersama warga masyarakat setempat gotong royong melakukan bersih-bersih di Kali Ciputri, Cigugur Tengah, Kota Cimahi. 

Melansir media sosial Humas Polres Jabar, nampak tumpukan sampah yang hampir menutup badan kali dibersihkan. Sejumlah personel turun ke kali sedalam paha orang dewasa, sementara personel lainnya membersihkan bantaran kali.

Kompol M. Bima Gunawan Jauharie S.I.K., Wakapolres Cimahi, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan selain atas perintah Bapak Kapolres Cimahi, juga banyaknya laporan masyarakat tentang kemacetan dijalur Cibaligo Cimindi ini yang diakibatkan oleh banjir. 

"Selain atas perintah Bapak Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono, S.H., S.I.K., M.H., CPHR., bersih-bersih sampah dikali Ciputri ini juga sebagai tindak lanjut dari banyaknya laporan masyarakat tentang kemacetan yang diakibatkan banjir diwilayah ini," bebernya.

Sementara itu, salah seorang bernama Kosim, Ketua RT 03 RW 05, Cigugur Tengah, Kota Cimahi merasa takjub, kali yang tadinya nyaris tidak terlihat karena tertutup sampah kini terlihat bersih. 

Dirinya mengaku tidak ada kegiatan rutin di wilayahnya untuk bersih-bersih kali, akibatnya sampah menumpuk menghambat aliran air, dampaknya banjir kerap terjadi saat hujan turun, yang membuat jalan raya tergenang dan menyebabkan kemacetan.

"Saya kaget setelah tumpukan sampah diangkat dari Kali Ciputri ini, ternyata kali Ciputri ini nampak indah dan bersih, Kami atas nama warga Cigugur Tengah mengucapkan banyak terima kasih kepada personel Polres Cimahi, khususnya kepada Bapak Kapolres dan Wakapolres Cimahi yang telah membersihkan kali di wilayah kami, semoga bisa menjadi contoh bagi warga kami," beber Dia.

Hal senada juga diungkapkan Doni Gopo, Ketua RT 03 RW 08, Cigugur Tengah, Kota Cimahi, ia mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya kepada lingkungan warga Cigugur Tengah. 

"Kami mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih kepada Polres Cimahi yang telah memperhatikan kebersihan di lingkungan warga kami," tandasnya dengan nada semangat.(*)

Tags:

Polisi Cimahi Gotong royong Bersih-bersih