Polres Batu Bersama Tahura Patroli Karhutla Lereng Gunung Arjuno

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

6 September 2023 17:25 6 Sep 2023 17:25

Thumbnail Polres Batu Bersama Tahura Patroli Karhutla Lereng Gunung Arjuno Watermark Ketik
Anggota Polres Batu, TNI dan petugas Tahura R Soerjo patroli menuju Lereng Gunung Arjuno di wilayah Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Rabu (6/9/2023). (Foto: Humas Polres Batu)

KETIK, BATU – Polres Batu bersama tim pencegahan Karhutla Tahura R Soerjo dan relawan melakukan patroli pemantauan titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lereng Gunung Arjuno, Rabu (6/9/2023).

Pemantauan tersebut bertujuan untuk menanggulangi dan mencegah potensi meluasnya kebakaran di Gunung Arjuno sebagai langkah preemtif dan preventif.

"Dari hasil pemantauan dan patroli sejauh ini, tim bergerak menyisir lereng Arjuno untuk mencari titik titik api yang ditemukan," ungkap Plt. Kasi Humas Polres Batu, Ipda Trimo.

Menurut Ipda Trimo, meski kebakaran telah berhasil dipadamkan, namun personel gabungan masih tetap disiagakan untuk melakukan patroli karhutla. Terdapat beberapa sasaran patroli yang dilakukan oleh personel gabungan tersebut. 

Petugas gabungan tersebut juga mendirikan posko dan membuat dapur umum di Pos Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

"Personel gabungan akan tetap melakukan pemantauan terhadap kemungkinan munculnya titik api yang baru," tegasnya.

Menurut Ipda Trimo, personel gabungan yang dilibatkan juga memanfaatkan informasi dari masyarakat sekitar untuk memantau kondisi potensi kebakaran yang meluas. Selain itu, dikatakannya, petugas juga terus melakukan pemantauan melalui aplikasi Lancang kuning, guna memaksimalkan proses pemantauan real time.

"Pemantauan karhutla melibatkan sejumlah personel gabungan. Yakni meliputi personel kepolisian, TNI, beserta pengelola Tahura hingga masyarakat dan para relawan," ujarnya.(*)

Tags:

Kota Batu Polres Batu Karhutla Gunung Arjuno