Prof Nazaruddin Malik Resmi Dilantik sebagai Rektor UMM, Junjung Tinggi Risalah Islam Berkemajuan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

12 Februari 2024 09:38 12 Feb 2024 09:38

Thumbnail Prof Nazaruddin Malik Resmi Dilantik sebagai Rektor UMM, Junjung Tinggi Risalah Islam Berkemajuan Watermark Ketik
Prosesi pelantikan Prof Nazaruddin selaku Rektor baru UMM. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Prof. Nazaruddin Malik telah resmi dilantik sebagai Rektor baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk periode 2024-2028 pada Senin (12/2/2024). Ia berkomitmen untuk menjadikan UMM sebagai kampus yang terus menjunjung tinggi risalah Islam berkemajuan.

Dalam orasinya, Prof Nazar menjelaskan risalah Islam berkemajuan menjadi visi kemanusiaan dari gerakan Muhammadiyah di tengah-tengah arus perubahan global yang dinamis.

"Saya ingin ingatkan diri saya sendiri tentang tugas memimpin institusi yang jadi kebanggaan Muhammadiyah ini. Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus mengusung risalah Islam berkemajuan yang menjadi reaktualisasi pemahaman Islam yang substantif menjelaskan visi kemanusiaan dalam gerakan Muhammadiyah," ujar Prof Nazar.

Perguruan Tinggi Muhammadiyah menjadi sarana strategis dalam meningkatkan sumber daya insani bangsa secara progresif. Pendidikan yang berkualitas sangat dibutuhkan terutama dalam mencetak insan ulul abab hingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

"Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki misi yang terus didorong terlebih dalam Center of Excellence (COE). Di dalamnya terkandung kemajuan teknologi, kebudayaan, dan peradaban sehingga menjadikan manusia semakin bermanfaat bagi sesama," tambahnya.

Menjadi rektor baru UMM membuat Prof. Nazaruddin merasa tertantang dan berkomitmen meneruskan program Center of Future Work yang telah digagas oleh rektor sebelumnya yakni Prof Fauzan. Selain itu ia berharap mampu mengembangkan program studi baru serta menyajikan kurikulum yang berkualitas, adaptif, hingga mendukung infrastruktur pembelajaran yang baik.

"UMM harus menjadi ujung tombak dalam menjalani program turunan dari Persyarikatan Muhammadiyah hasil Muktamar di Solo. Prinsipnya kita menghapus kesenjangan dengan meningkatkan derajat dan level pendidikan masyarakat," lanjut Prof Nazar.

Menurutnya untuk membangun sumber daya insani, para dosen dan karyawan perlu mendapatkan pembinaan terkait pemahaman ideologi Muhammadiyah. Begitu pula untuk mendorong UMM sebagai kampus yang masuk dan aktif dalam pergaulan global dan siar Islam yang lebih luas.

"Perlu pembinaan dan peningkatan pemahaman ideologi Muhammadiyah sebagai ideologi universal yang memberikan pencerahan kepada bangsa. Target lain UMM yaitu mengukuhkan kembali UMM sebagai perguruan tinggi dunia dengan perolehan akreditasi internasional yang kompetitif," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Nazaruddin Malik Rektor Baru UMM Rektor UMM Universitas Muhammadiyah Malang Risalah Islam Berkemajuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1