Profil Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Dilantik Jadi Wamenkeu

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

19 Juli 2024 04:06 19 Jul 2024 04:06

Thumbnail Profil Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Dilantik Jadi Wamenkeu Watermark Ketik
Pelantikan Thomas Djiwandono oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga wakil menteri di Istana Kepresidenan pada Kamis (19/7/2024).

Ketiga figur yang dilantik yakni Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas Djiwandono sebagai Wamen Kementerian Keuangan, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi.

Yang paling menarik adalah Thomas Djiwandono yang berhasil dilantik menjadi orang nomor dua di Kemenkeu di bawah dari Sri Mulyani yang merupakan Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju. Berikut adalah profil Thomas Djiwandono

Profil Thomas Djiwandono

Thomas Djiwandono masih memiliki hubungan keluarga dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Pria dengan nama asli Thomas Aquinas Muliatna Djiwandono merupakan keponakan dari Prabowo.

Thomas akrab disapa Tommy adalah anak dari mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), Joseph Soedradjad Djiwandono dan ibunya adalah Biantiningsih Miderawati Djojohadikusumo, kakak kandung Prabowo Subianto.

Tommy lahir di Jakarta pada 7 Mei 1972. Selain merupakan anak mantan Gubernur BI, Tommy adalah cicit dari pendiri bank BNI 46 R.M. Margono Djojohadikusumo.

Dari segi Pendidikan, Tommy merupakan alumni SMP Kanisius Menteng, Jakarta. Ia lalu kuliah di Haverford College, Amerika bidang studi sejarah.

Ia juga mengambil master degree di John Hopkins University School of Advanced International Studies Amerika dengan berfokus pada bidang Hubungan Internasional dan Ekonomi Internasional.

Politikus Partai Gerindra ini juga mengambil School of Advanced International Studies di Washington, Amerika Serikat. 

Tommy juga menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group. Thomas Djiwandono mendapatkan posisi tersebut berkat suruhan dari pamannya, Hashim, yang meminta Thomas untuk membantu di perusahaan agrobisnis tersebut. 

Perjalanan politik Thomas Djiwandono dimulai dari keterlibatannya di Partai Gerindra. Ia pernah menjadi calon legislatif (Caleg) Provinsi Kalimantan Barat. 

Dalam dunia kerja, Thomas Djiwandono sempat menjadi wartawan magang di Majalah Tempo pada tahun 1993 dan pada tahun 1994 di Indonesia Business Weekly.

Sebelum mendapat amanah sebagai Wamenkeu II, Thomas Djiwandono menjabat sebagai pengendali keuangan alias Bendahara Umum Partai Gerindra. Kepiawaiannya dalam mencatat aktivitas keuangan partai dengan sangat rapi memberikan berkontribusi positif.(*)

Tombol Google News

Tags:

Thomas Djiwandono profil Tommy Profil Thomas Djiwandono Wamenkeu Profil Wamenkeu