Profil Wasit Nasrullo Kabirov, Dulu Disanjung, Kini Dicaci Suporter Indonesia

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

15 April 2024 19:25 15 Apr 2024 19:25

Thumbnail Profil Wasit Nasrullo Kabirov, Dulu Disanjung, Kini Dicaci Suporter Indonesia Watermark Ketik
Wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Indonesia vs Qatar di Piala Asia U-23 (15/4/2024). (Foto: AFC)

KETIK, JAKARTA – Wasit Nasrullo Kabirov dari Tajikistan mendapat sorotan tajam setelah Timnas Indonesia takluk 0-2 atas tuan rumah Qatar pada laga perdana grup A Piala Asia U-23 di Stadion Jassim bin Hammad, Doha, Senin malam (15/4/2024).

Serangkaian keputusan kontroversialnya pada laga tersebut membuat netizen Indonesia geram. Akun-akun media sosial terkait sepak bola ramai-ramai mencaci wasit berusia 38 tahun tersebut.

Berikut beberapa keputusan Nasrullo Kabirov yang menjadi sorotan:

1. Kartu Kuning Kedua Ivar Jenner

Pemain Indonesia Ivar Jenner diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua. Kartu pertama didapat pada babak pertama, tepatnya menit ke-14. Sedangkan yang kedua terjadi menit ke-46.

Dari tayangan ulang, terlihat Ivar Jenner tidak melakukan tekel keras. Namun, wasit tetap menganggap Jenner menginjak kaki lawan.

2. Marselino Ferdinan Didorong, Wasit Diam Saja

Pada pertengahan babak kedua, wasit Nasrullo Kabirov tak bereaksi meniup peluit ketika gelandang Indonesia Marselino Ferdinan dengan jelas didorong pemain Qatar.

Padahal, Marselino saat itu berpeluang mendapat posisi bagus untuk mencetak gol. Dorongan dari pemain nomor punggung 5, Al Hashimi Moh Saldin tidak dianggap sebagai pelanggaran.

3. Kartu Merah Tuan Rumah Direvisi

Satu lagi keputusan aneh wasit. Bek Qatar Saifeldeen Hassan melakukan tekel berbahaya kepada Witan Sulaeman dari belakang. Wasit dengan jelas melihat, lalu mengeluarkan kartu merah dari sakunya.

Namun, tiba-tiba kartu yang diangkat berubah menjadi kartu kuning.

Pernah Disanjung Netizen Indonesia

Padahal, wasit Nasrullah Kabirov sebelumnya ternyata punya sejarah apik dengan timnas Indonesia. Sebab, kepemimpinannya dianggap tegas dan tidak tebang pilih.

Dilansir dari Suara.com, media jejaring nasional Ketik.co.id, momen itu terjadi ketika timnas Indonesia menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait. Dalam laga itu, kepemimpinannya dirasa sangat fair.

Meski Kuwait bertindak sebagai tuan rumah, Nasrullah Kabirov tidak ragu memberikan penalti untuk timnas Indonesia.

Hal tersebut yang membuat skuad Garuda mampu comeback ketika melawan Kuwait dengan skor 2-1. Laga ini juga krusial yang membuat anak asuh Shin Tae-yong bisa lolos ke Piala Asia 2023.

Berkat kepemimpinannya, Nasrullah Kabirov saat itu disanjung pecinta sepak bola tanah air. Bahkan pengikut Instagramnya melonjak.

Profil Nasrullo Kabirov

Nasrullo Kabirov merupakan wasit berlisensi FIFA asal Tajikistan berusia 38 tahun.

Pria kelahiran 5 Mei 1985 itu banyak memimpin pertandingan di Vysshaya Liga atau Liga kasta pertama Tajikistan.

Tak hanya itu Nasrullo Kabirov juga sarat pengalaman memimpin laga di level Asia, termasuk di SEA Games. (*)

Tombol Google News

Tags:

qatar Piala Asia U-23 AFC Cup U-23 kontroversi wasit dihujat netizen Nasrullo Kabirov Indonesia Timnas Indonesia
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1