Promosikan Wisata Religi, Disbudpar Gelar Duta Budaya dan Pariwisata Religi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

1 Oktober 2023 01:19 1 Okt 2023 01:19

Thumbnail Promosikan Wisata Religi, Disbudpar Gelar Duta Budaya dan Pariwisata Religi Watermark Ketik
Para peserta pemiliham Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023 berlangsung, Sabtu (30/9/2023) malam. Acara yang diselenggarakan di ruang Bromo, Kantor Pusat Bank Jatim, Surabaya itu diikuti 60 peserta. Sebelum acara, para peserta  dikarantina di Hotel Crown Prince sejak 29 September 2023.

Ajang ini merupakan kerja sama antara Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, dan Bank Jatim Syariah.

Kadisbudpar Jatim Hudiono mengatakan keberadaan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur ini sangat penting untuk mempromosikan potensi wisata di Jawa Timur, terutama wisata religi.

Nantinya mereka akan melakukan sosialisasi di masyarakat untuk meningkatkan jumlah kunjungan di berbagai destinasi wisata religi di Jawa Timur.

Foto Para juri berfoto dengan juara pertama pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para juri berfoto dengan juara pertama pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Jawa Timur itu memiliki berbagai destinasi wisata religi yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Oleh sebab itu keberadaan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jatim ini sangat penting," jelas Hudiono saat ditemui di kantor Bank Jatim, Sabtu (30/9/2023).

Pada malam final pemilihan kali ini 60 peserta yang terdiri dari 30 putra dan 30 putri ini diseleksi melalui 3 tahapan. Tahap pertama sesi catwalk dan ekspresi, dari babak ini dipilih 10 pasang putri dan putra.

Setelah itu tes visi misi dan baca ayat suci Al-Qur’an, di mana para peserta harus membaca satu ayat dan menjelaskan visi misinya di hadapan juri.

Dari babak wawasan akan dipilih 5 pasang terbaik yang akan melalui penyaringan kembali melalui babak tanya jawab,. Setelah itu baru terpilih juara 3, juara 2 dan juara pertama. Nantinya juara pertama akan menjalankan tugas selama 1 tahun sebagai Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur.

"Untuk jumlah pendaftar ada 216, kemudian diseleksi jingga terpilih 60 yang ikut grand final. Lalu diseleksi kembali menjadi 20 besar, 10 besar dan penetapan juara 1,2 dan 3," tambah Hudiono.

Setelah melewati berbagai penilaian dari karantina hingga malam final terpilih pasangan M.Rizza Mahdani dan Savira Salwa sebagai juara pertama Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023.

Sebagai juara, mereka mendapatkan berbagai hadiah menarik, seperti uang tunai senilai Rp 3.000.000 dan  paket umrah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur Disbudpar Jatim ISNU Jatim Pariwisata Religi