Proyek Trotoar Glow in The Dark di Kota Batu Dianggarkan Rp7 Miliar

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

16 Juli 2024 08:30 16 Jul 2024 08:30

Thumbnail Proyek Trotoar Glow in The Dark di Kota Batu Dianggarkan Rp7 Miliar Watermark Ketik
pekerja membongkar trotoar di Jalan Panglima Sudirman KotaDPUPR Kota Batu mulai membangun trotoar Glow in The Dark atau menyala saat gelap di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu menganggarkan Rp7 miliar untuk membangun trotoar Glow in The Dark di Jalan Panglima Sudirman. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2024.

Trotoar Glow in The Dark di Jalan Panglima Sudirman akan dibangun menggunakan bahan pecahan fosfor. Sehingga, bisa menyala di malam hari.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu Eko Setyawan menyatakan, ada tiga trotoar ruas jalan protokol yang akan dipercantik. Yaitu Jalan Panglima Sudirman sisi utara, Jalan Brosem (Bromo-Semeru) dan Jalan Diponegoro. 

"Kami ingin mewujudkan drainase yang baik dan pedestrian atau trotoar di sepanjang Jalan Panglima Sudirman yang layak. Juga bertujuan untuk mempercantik wajah perkotaan," ujarnya, Selasa (16/7/2024).

Menurut Eko, pengerjaan trotoar Jalan Panglima Sudirman sisi utara akan mulai dilakukan sepanjang 955 meter. Pembangunan tersebut merupakan program lanjutan tahun 2023 yang memiliki panjang 600 meter berada di sisi selatan.

Selain untuk mempercantik trotoar, proyek tersebut sekaligus sebagai bentuk pembangunan sarana prasarana secara berkelanjutan.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada warga setempat. Termasuk beberapa pengelola usaha, terutama yang terdampak pada pembangunan," ulasnya. 

Selain membangun trotoar, DPUPR juga melakukan penataan pohon tepi jalan yang tumbuh di sekitar lokasi pembangunan.

Untuk itu, mereka akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, dan DPUPR Provinsi Jatim. Karena lokasi pembangunan berada di jalan provinsi.

“Pohon ini kita tata, kita data dulu berapa pohon yang harus dipindahkan, berapa pohon pengganti yang harus disiapkan. Tetap ditanam pohon jenis Tabebuya,” tandas Eko.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jalan Panglima Sudirman trotoar Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Batu