Puguh Wiji Pamungkas Istiqomah Beri Akta Kelahiran Gratis untuk Masyarakat

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

13 Juli 2024 06:17 13 Jul 2024 06:17

Thumbnail Puguh Wiji Pamungkas Istiqomah Beri Akta Kelahiran Gratis untuk Masyarakat Watermark Ketik
Founder RSU Wajak Husada Puguh Wiji Pamungkas usai memberi akta kelahiran gratis bagi masyarakat (13/7/2024). (Foto: RSU Wajak Husada).

KETIK, MALANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Wajak Husada di Kabupaten Malang berkomitmen untuk terus memberikan layanan prima pada tindakan persalinan kepada masyarakat.

Bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Malang, mereka memberikan akta kelahiran gratis bagi masyarakat melalui program Kependudukan dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng).

Founder RSU Wajak Husada, H Puguh Wiji Pamungkas menjelaskan, masyarakat yang melahirkan di rumah sakit tersebut mendapat akta kelahiran gratis.

“Menjadi salah satu keberuntungan yang harus disyukuri, karena setiap persalinan di RSU Wajak Husada melahirkannya gratis pakai BPJS ditambah dengan diuruskan akta (kelahiran), KK, KIA dan foto bayi new born gratis,” ujar H Puguh Wiji Pamungkas, Sabtu (13/7/2024).

Puguh yang namanya disebut-sebut sebagai calon alternatif Bupati Malang ini menyampaikan bahwa program layanan akta kelahiran, KK dan KIA gratis ini sebagai wujud komitmennya sebagai putra daerah untuk turut serta dalam memberikan dampak kemanfaatan bagi masyarakat Malang.

"Saya yang lahir di Malang, besar dan berdikari di Malang merasa terpanggil untuk berbuat dengan apa yang bisa dengan apa yang saya mampu. Salah satunya dengan terus istiqomah memberikan layana akta kelahiran gratis kepada masyarakat Malang bekerjasama dengan Pemkab Malang," tegasnya.

Salah satu persyaratan untuk mengikuti program Ketan Ireng ini adalah mengisi formulir Ketan Ireng, scan akta nikah, kartu keluarga, dan scan KTP.

“Tidak ada pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya yang akan mengurus dokumen Ketan Ireng yang datang langsung ke Kantor RSU Wajak Husada, yang melayani setiap hari jam kerja, Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00-14.00 WIB,” terangnya.

Salah satu orang tua bayi yang lahir di RSU Wajak Husada Malang, Ari Sasmito asal Gedog wetan Turen mengaku terbantu dengan program tersebut.

“Pihak Rumah Sakit Umum Wajak Husada sangat membantu bagi orang tua bayi dalam membuatkan akta kelahiran dan KK yang baru. Sekitar dua minggu akta kelahiran langsung selesai beserta KK yang baru sudah langsung diserahkan ke orang tua bayi secara gratis,” ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Puguh Wiji Pamungkas RSU Wajak Husada Kabupaten Malang Akta Kelahiran Gratis Dispendukcapil Kabupaten Malang