Punya Kandungan Air Tinggi, Buah ini Cocok untuk Santapan Sahur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

20 Maret 2024 03:09 20 Mar 2024 03:09

Thumbnail Punya Kandungan Air Tinggi, Buah ini Cocok untuk Santapan Sahur Watermark Ketik
Buah Semangka. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat berpuasa, tubuh akan terasa lemas karena tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama belasan jam. Keadaan ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan yang berujung pada sakit kepala hingga pingsan.

Untuk menanggulangi hal tersebut, disarankan sahur dengan makanan yang mengandung banyak air, salah satunya buah-buahan dan sayuran.

Selain mengandung banyak air buah-buahan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan penting yang ada dalam buah seperti vitamin dan mineral bisa menjaga kesehatan kita selama menjalankan ibadah puasa.

Pilihlah buah-buahan yang beragam dan berwarna-warni untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar, jus buah, atau salad buah.

Melansir laman Woman's Day, berikut ini beberapa buah yang cocok dimakan saat sahur untuk mencegah dehidrasi:

1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan likopen yang mampu mencegah kanker dan beragam penyakit kronis lainnya.

2. Timun Jepang

Timun Jepang, atau yang dikenal juga sebagai zucchini, bukan hanya memberikan kesegaran pada hidangan, tetapi juga kaya akan serat pektin yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

3. Semangka

Rasanya mungkin sudah banyak yang tau jika buah semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air di dalamnya. Dengan kandungan air yang tinggi buah ini cocok dikonsumsi saat sahur agar tidak terserang dehidrasi.

4. Jeruk

Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini bisa menjadi pilihan untuk menu sahur anda. Tidak hanya menyegarkan, buah ini juga mampu menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Foto Buah Apel. (Foto: Pexels)Buah Apel. (Foto: Pexels)

5. Apel dan Pir

Kedua buah ini bisa menjadi piliham tepat bagi hidangan saat sahur. Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi buah ini juga memiliki kandungan serat baik yang terdapat di kulitnya. Serat tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.(*)

Tags:

puasa Ramadan sahur buah kandungan air dehidrasi jeruk Semangka Apel tomat Timun Jepang