Putra Asli Palembang, Tito Karnavian Kembali Jabat Mendagri di Kabinet Merah Putih

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 16:00 22 Okt 2024 16:00

Thumbnail Putra Asli Palembang, Tito Karnavian Kembali Jabat Mendagri di Kabinet Merah Putih Watermark Ketik
Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri. (Foto: Instagram @titokarnavian)

KETIK, JAKARTA – Tito Karnavian kembali menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Dirinya resmi dilantik bersama sejumlah pejabat lain pada Minggu 20 Oktober 2024 lalu.

Pria bernama lengkap Muhammad Tito Karnavian ini lahir di Palembang, 26 Oktober 1964. Sejak kecil, Tito dikenal sebagai anak yang cerdas dan berprestasi. Ia juga memiliki sifat peduli dan disiplin.

Semasa kecil putra pasangan Muhammad Saleh dan Supriatini telah menempuh pendidikan di SD Xaverius 4, SMP Xaverius 2, dan SMA Negeri 2 Palembang. Setelah lulus dari bangku SMA, sang ayah ingin agar putranya menempuh pendidikan dokter agar dapat menolong masyarakat.

Akan tetapi disatu sisi, Tito sadar biaya untuk sekolah kedokteran tidaklah murah, dan di satu sisi dirinya tidak ingin membebani kedua orang tuanya. Tito sendiri sempat mendaftar dan diterima di dua perguruan tinggi yakni Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Palembang, serta Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di Jakarta.

Akan tetapi rupanya Tito memiliki keputusan lain, dirinya lebih memilih Akademi Kepolisian (Akpol) sebagai awal meniti kariernya. Semasa menjalani pendidikan di Akpol Tito dikenal sebagai sosok yang cerdas dan berprestasi. Hingga akhirnya berhasil menjadi lulusan terbaik dan menerima penghargaan Bintang Adhi Makayasa pada tahun 1987.

Setelah lulus dari Akpol, Tito memulai karirnya sebagai perwira polisi, dirinya sempat menduduki posisi penting di kepolisian seperti Kasat Serse Ekonomi Polda Metro Jaya pada tahun 1999, Kasat Serse Umum di tahun 2000.

Seiring berjalannya waktu karirnya terus menanjak hingga akhirnya dipercaya menjadi Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror pada 2009, yang membuat namanya semakin dikenal publik. Hingga akhirnya pada posisi puncak dirinya diberikan amanah menduduki posisi Kapolri pada tahun 2016.

Pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo mempercayakan Tito mengemban tugas sebagai Menteri Dalam Negeri. Karena kinerjanya yang cemerlang di era Presiden Prabowo Subianto dirinya kembali dipercaya sebagai Menteri Dalam Negeri di kabinet Merah Putih.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri Putra palembang