Racikan Pakan Anak Ayam Usia 0-2 Bulan, Bikin Hemat Tumbuh Sehat dan Cepat Besar

Jurnalis: Riki Hidayati
Editor: Muhammad Faizin

1 Juni 2024 23:40 1 Jun 2024 23:40

Thumbnail Racikan Pakan Anak Ayam Usia 0-2 Bulan, Bikin Hemat Tumbuh Sehat dan Cepat Besar Watermark Ketik
Ilustrasi anak ayam. (Sumber Foto : Tangkapan Layar Youtube @Ternak QnB)

KETIK, PAGAR ALAM – Dalam dunia peternakan unggas, terutama untuk ternak ayam, hal yang paling mengkhawatir adalah pada fase pembesaran anak ayam dari usia 0-2 bulan.

Karena pada fase ini anak ayam biasanya rentan sekali dengan kematian, dimana peternak akan selalu berupaya agar anak ayam bisa tumbuh sehat dan cepat besar.

Tanpa adanya kematian anak ayam saat proses pembesaran, jika masa fase ini dapat dilalui maka bisa dikatakan akan berhasil.

Agar peternak berhasil sebaiknya lebih memperhatikan baik itu kebersihan kondisi kandang, pakan maupun suhu udara sekitar kandang.

Untuk kondisi kebersihan kandang wajib diperhatikan untuk mencegah adanya virus yang masuk area kandang ayam, air minum juga diganti setiap hari.

Sebagaimana dilansir Ketik.co.id melalui kanal Youtube @Peternak Amatir. Sabtu, 01/06/2024.

Selain beberapa yang sudah kita sebutkan diatas terkait agar perawatan anak ayam tumbuh sehat dan cepat besar.

Ada yang paling penting yaitu racikan pakan untuk anak ayam usia 0-2 bulan, karena racikan pakan ini adalah hal yang paling penting.

Karena berhubungan dengan asupan nutrisi yang sesuai untuk masa pertumbuhan anak ayam agar cepat tumbuh besar.

Yaitu dengan racikan pakan dengan jumlah protein 15%, yang terbuat dari dedak padi halus dicampur BR 11 dan juga kunyit.

Kenapa menggunakan kunyit? Karena merupakan bahan herbal yang bisa dijadikan antimicroba serta antioksidan.

Fungsinya untuk meningkatkan kerja organ pada anak ayam, kandungan curcumin pada kunyit berguna untuk menambah nafsu makan anak ayam.

Untuk racikan pakan anak ayam diperlukan proses fermentasi dahulu sebelum pakan itu diberikan ke anak ayam.

Untuk bahan fermentasinya cukup siapkan air kurang lebih 250 ml, tambahkan gula pasir setengah sendok makan saja dan campur dengan cairan EM4 satu sendok makan.

Kemudian diamkan larutan ini selama kurang lebihnya 15 menit, agar bakteri EM4 dapat berkembang terlebih dahulu.

Siapkan juga dedak dicampur pour BR11-nya, masing-masing per bandingannya adalah 1 : 1, dan tambahkan juga kunyit seberat 10 gram.

Haluskan kunyit lalu masukkan kedalam wadah yang berisi cairan gula dan EM4 yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu aduk-aduk.

Kemudian tuangkan cairannya ke dalam campuran dedak dan pour BR11, lalu aduk-aduk sampai rata hingga teksturnya tidak terlalu basah.

Setelah tercampur, racikan pakan ini bisa langsung diberikan ke anak ayam dan sisanya bisa disimpan kedalam wadah yang kedap udara.

Racikan pakan ini bisa digunakan untuk persediaan pakan anak ayam selama 3 hari, dan setelah 3 hari kita bisa meraciknya lagi yang baru.

Demikian ulasan tentang racikan pakan anak ayam agar hemat, anak ayam tumbuh sehat dan cepat besar. Semoga bermanfaat. (*) 

Tombol Google News

Tags:

racikan pakan anak ayam bikin hemat tumbuh sehat cepat besar Peternakan Racikan Pakan Anak Ayam Usia 0-2 Bulan