Raih Masjid Award dari DMI, Begini Keunggulan Masjid Al Hidayah Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

15 November 2023 02:04 15 Nov 2023 02:04

Thumbnail Raih Masjid Award dari DMI, Begini Keunggulan Masjid Al Hidayah Kabupaten Malang Watermark Ketik
Masjid Al Hidayah Kabupaten Malang tepatnya di Karangploso. (Foto : Singgah ke Masjid).

KETIK, MALANG – Masjid Al Hidayah Kabupaten Malang yang bertempat di Karangploso, meraih Juara 1 Masjid Award Katagori Masjid Jamik. Penghargaan ini diserahkan diserahkan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Selasa, (14/11/2023) malam.

Dilansir dari berbagai sumber, Masjid Al Hidayah Kabupaten terletak di Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso memiliki desain unik menyerupai arsitektur Hagia Sophia Turki.

Masjid tersebut, menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi turis domestik dan mancanegara ketika berkunjung ke Kabupaten Malang.  Struktur bangunan masjid yang megah dengan akses yang mudah jadi nilai tambah tersendiri. 

Untuk menuju Masjid Al-Hidayah, akses yang bisa dilalui yaitu turun dari pintu tol Karanglo terus lurus arah Kota Batu, posisi masjid ada di pinggir jalan sebelah kanan. 

Menara masjid yang menjulang tinggi membuat posisi masjid mudah diketahui dari jauh. Masyarakat sekitar juga bisa menjadi penunjuk jalan karena nama masjid ini cukup populer di Kecamatan Karangploso.

Mata pengunjung maupun jamaah salat disuguhkan mimbar masjid yang berdiri cukup megah dan tinggi lalu dihiasi ayat-ayat Al-Qur'an yang ditulis dengan kaligrafi sangat indah di belakang mimbar dan langit-langit masjid.

Di langit-langit masjid juga tertulis cukup besar lafadz Allah dan Muhammad dengan tulisan Arab. Pintu masjid yang lebar dan tinggi terbuat dari kayu, seperti sebuah gerbang besar. 

Masjid ini diperkirakan memiliki luas sekitar 20 x 30 meter persegi. Ditopang dengan tiang-tiang penyangga yang besar, masjid ini berdiri dengan konsep tiga lantai. Lantai pertama untuk tempat wudhu, kamar mandi dan gudang.

DMI Jatim ketika memberikan penghargaan kepada Masjid Al Hidayah Kabupaten Malang. (Foto : UNUSA).

Wakil Ketua PW DMI Jatim, H Sudjak menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya Masjid Award. "Ada tiga tujuan diselenggarakannya Masjid Award," ucapnya.

Tujuan pertama ia menyebutkan, mencari masjid yang unggul. Dalam hal ini unggul administrasi unggul kegiatan dan unggul Pelayanan.  "Kemudian, mencari masjid-masjid inspiratif dan model pengelolaan Masjid di Jawa Timur," jelasnya.

Sebagai informasi, selain Masjid Al Hidayah yang meraih juara 1 katagori Masjid Jamik, ada dua masjid di Kabupaten Malang juga meraih penghargaan Masjid Award dari DMI Jatim.

Yakni Masjid Besar Sabilit Taqwa Kecamatan Bululawang meraih juara 3 kategori Masjid Kampung/Mall/Pasar/Rest Area, serta Masjid Sabilal Muhtadin Kecamatan Poncokusumo kategori Masjid Besar meraih juara Harapan 2. (*)

Tombol Google News

Tags:

DMI Jatim Masjid Award Kabupaten Malang Masjid Al Hidayah