Raih Peringkat ke-3 se-DIY, SMP Negeri 1 Godean Gelar Pelepasan Siswa

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Muhammad Faizin

11 Juni 2024 19:39 11 Jun 2024 19:39

Thumbnail Raih Peringkat ke-3 se-DIY, SMP Negeri 1 Godean Gelar Pelepasan Siswa Watermark Ketik
Suasana haru mewarnai sesi sungkeman di awal acara pelepasan purna siswa SMP Negeri 1 Godean Sleman. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Suasana haru mewarnai acara pelepasan purna siswa SMP Negeri 1 Godean Sleman yang berlangsung, Selasa (11/6/2024) di aula GOR Kalurahan Margoluwih, Seyegan, Sleman.

Para siswa tertunduk haru saat bersimpuh dihadapan orang tuanya pada sesi sungkeman di awal acara pelepasan purna siswa ini. Mereka merupakan siswa kelas IX yang tahun ini lulus dari salah satu sekolah terbaik yang ada di D I Yogyakarta ini.

Diiringi alunan gending Jawa yang mendayu, suasana tambah haru tatkala pembawa acara menuturkan gambaran perjuangan orang tua demi menyekolahkan anaknya hingga lulus sekolah tersebut. Tidak sedikit para siswa terlihat meneteskan air mata terbawa suasana. Begitupula dengan orang tua siswa yang mendampingi anaknya mengikuti acara tersebut.

 

Foto Disela acara sebagian siswa merayakan kelulusannya dengan foto bersama. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Di sela acara, sebagian siswa merayakan kelulusannya dengan foto bersama. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

 

Untuk diketahui pada tahun ajaran 2023/2024, sebanyak 126 siswa lulus sekolah dari SMPN 1 Godean. Mereka terdiri dari 49 siswa laki-laki dan 77 siswa perempuan.

Dalam kesempatan ini, Kepala SMPN 1 Godean Rr Amani Sri M Ernawati MPd mengaku bangga dengan para anak didiknya tersebut. Apalagi prestasi yang berhasil diraih siswanya tersebut bukanlah hasil pencapaian yang instan. Namun melalui proses yang cukup panjang. Hasil dari upaya yang dilakukan siswa beserta guru yang ada dengan penuh perjuangan.

Hal ini dibuktikan antara lain dari  Asesmen Standardisasi Penilaian Daerah (ASPD) tahun ajaran 2023/2024, dimana SMP Negeri 1 Godean Sleman berhasil meraih peringkat ke-3 se-DIY.

"Jika tahun lalu kita di peringkat 6. Alhamdulillah tahun ini, berada di peringkat ke 3. Di bawah peringkat pertama SMPN 4 Pakem dan kedua SMPN 4 Depok. Semoga tahun depan menjadi peringkat kedua," terangnya.

Ia mengaku bersyukur atas pencapainnya tersebut. Serta mengucapkan terima kasih pada para siswa dan wali murid atas kerjasama dan dukungannya selama ini.

Foto Sejumlah siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik menerima penghargaan dari SMP Negeri 1 Godean. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Sejumlah siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik menerima penghargaan dari SMP Negeri 1 Godean. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Perlu diketahui pada tahun ajaran 2023/2024 peringkat tiga besar nilai ASPD seluruhnya berhasil diraih oleh siswa SMP Negeri dari Kabupaten Sleman. Baru disusul dari SMP Negeri yang berada di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, nilai tertinggi ASPD DIY yang berhasil diraih siswa SMP Negeri 1 Godean yang dikenal dengan nama 'Negsago' (Negeri Satu Godean)  total nilai sebesar 283,33, nilai rata-rata 94,44 atas nama Aretha Daryn Anindya, dengan nilai Literasi membaca 93,33; numerik 97,50; dan sains 92,50.

Peringkat kedua atas nama  Akaliliazkazulfa, total nilai 277,50 dengan rata-rata 92,50. Meliputi nilai Literasi membaca 90,00; numerik 100,00; dan sains 87,50.

Sedangkan peringkat ketiga atas nama Alfian Anas Rasidin memperoleh total nilai sebesar 275,00, rata-rata nilai 91,67. Meliputi nilai Literasi membaca 90,00; numerik 97,50; dan sains 87,50.

Adapun perolehan nilai ASPD DIY untuk siswa SMP Negeri 1 Godean rata-rata sebesar 76,95. Dengan total perolehan nilai sebanyak 230,84. Dalam acara tersebut juga diberikan kenang-kenangan pada siswa berprestasi non akademik, baik tingkat daerah ataupun nasional. (*)

Tags:

Pelepasan Siswa SMP Negeri 1 Godean Tiga besar ASPD SMP DIY Nasago berprestasi Akademik non Akademik Tahun Ajaran 2023/2024 GOR Kalurahan Margoluwih Seyegan Sleman Asesmen Standardisasi Penilaian Daerah