Ramadan Datang, Pedagang Pernak-Pernik Es Diserbu Pembeli

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

11 Maret 2024 17:45 11 Mar 2024 17:45

Thumbnail Ramadan Datang, Pedagang Pernak-Pernik Es Diserbu Pembeli Watermark Ketik
Penjual bahan minuman es di Jember, (11/3/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Tak lengkap rasanya jika berbuka ketika bulan Ramadan tanpa ada hidangan minuman es. Bulan Ramadan membawa berkah bagi penjual pernak-pernik menu minuman es di Jalan dr Wahidin, kawasan Pasar Tanjung, Jember.

Pantauan di lapangan, sehari jelang Ramadan, Toko Gading Joyo dari pagi hingga siang dipadati emak-emak. Bahan pelengkap minuman es yang dijual sangat lengkap, mulai dari cincau, berbagai macam jelly, dawet sagu, kolang-kaling, nata de coco, hingga sirup dan susu. 

Pemilik toko bahan es, Yeni Agustin mengaku jika permintaan pelengkap minuman es melonjak naik saat bulan puasa dibandingkan hari-hari biasa. 

“Kenaikan bisa sampai 10 kali lipat dibanding hari biasa. Karena banyak yang cari untuk konsumsi sendiri juga ada yang dijual kembali,” kata Yeni saat ditemui, Senin (11/3/2024) siang.

Bahkan, ia menambah jumlah karyawan untuk melayani pembeli yang berdatangan. Dari dua karyawan ditambah menjadi 6 karyawan khusus untuk bulan Ramadan.

“Ya bulan puasa ini banyak orang-orang yang mencari menu berbuka dengan minuman es yang menyegarkan. Jadi banyak yang cari,” ujarnya.

Yeni memperkirakan jumlah pembeli akan terus naik sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sementara, salah satu pembeli, Hikmah mengaku senang berbelanja kebutuhan minuman es di Gading Joyo. “Enak disini bahan es lengkap jadi ga perlu nyari-nyari lagi,” ujarnya.

Harga bahan minuman es dibanderol mulai Rp 4.000-20.000, tergantung jenis. Toko Gading Joyo juga melayani pembelian grosir dan eceran.(*)

Tags:

Ramadan penjual bahan es diserbu pembeli Jember pasar tanjung