Rekor! Misi Dagang Jatim di Hongkong Tembus Rp1,101 Triliun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

15 Mei 2023 14:39 15 Mei 2023 14:39

Thumbnail Rekor! Misi Dagang Jatim di Hongkong Tembus Rp1,101 Triliun Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat membuka misi dagang di Hongkong. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, JAKARTA – Misi Dagang dan Investasi Provinsi Jatim di Hongkong berhasil memecahkan rekor dengan catatan transaksi sebesar Rp1,101 triliun.

Rekor tersebut dicapai melalui East Java Trade Mission and Investment di Hongkong yang dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bertempat di Hotel Regal Hongkong, Senin (15/5/2023), misi dagang dan investasi ini mempertemukan pelaku usaha Jatim dan Hongkong. Misi tersebut juga berhasil menarik buyer (pembeli) dari Mainland China.

Adapun transaksi yang berhasil dilepas ialah komoditi produk olahan kopi, produk pertanian, fashion, produk makanan, ikan beku, aneka keripik buah, alpukat mentega, manggis, mete, meatball, marinated steak, Cilembu, Coconut, dan Birdnest/sarang burung wallet.

Transaksi terbesar yaitu komoditi coconut antara CV. Illoed Jaya Nusantara dengan Feihuang Weida senilai Rp 864 miliar dengan kontrak selama 1 tahun.

Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari Delegasi Provinsi Jatim, jajaran KJRI Hongkong, dan sejumlah pelaku usaha yakni 35 Pelaku Usaha dari Provinsi Jatim dan 30 pelaku usaha dari Hong Kong.

Foto Khofifah saat memperkenalkan komoditas dari Jawa Timur. ( Foto: Humas Pemprov Jatim)Khofifah saat memperkenalkan komoditas dari Jawa Timur. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Gubernur Khofifah mengatakan, berbagai inovasi dan kolaborasi terus dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan kinerja sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi dan nilai ekspor.

Untuk itu, misi dagang dan investasi di Hong Kong ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan nilai investasi dan perdagangan Hongkong di Jatim.

Khofifah mengatakan, selama periode 2010 sampai 2022 Hongkong menduduki peringkat ketujuh dalam daftar Negara asal investor di Jawa Timur dengan total capaian realisasi investasi sebesar US$. 1.353.100.000.

“Untuk itu kami berharap setelah kami menggelar langsung misi dagang dan investasi Jatim di Hong Kong ini, akan ada peningkatan nilai investasi Hong Kong di Jatim. Dan tentunya juga ada peningkatan nilai perdagangan antara Jatim dan Hong Kong,” katanya.

Selain meningkatkan nilai investasi, misi dagang dan investasi di Jatim ini diharapkan dapat meningkatkan nilai perdagangan Hong Kong dan Jatim.

Hal ini dikarenakan neraca perdagangan antara Provinsi Jatim dengan Hong Kong selama kurun waktu 2018 – 2022 menunjukkan trend fluktuatif bagi Jatim.

Pertumbuhan ekspor Jawa Timur ke Hong Kong menguat pada tahun 2022 sebesar 74,63 persen. Sedangkan dari sisi impor, signifikansi Hong Kong bagi Jawa Timur dapat dilihat dari menguatnya posisi Hong Kong yang masuk ke dalam enam besar negara asal impor Jawa Timur pada tahun 2022.

“Untuk itu kami mengundang para investor dan buyer dari Hong Kong untuk sesegera mungkin datang ke Jawa Timur untuk melihat langsung potensi kerjasama dan investasi yang bisa dilakukan di Jatim. Sehingga ada penguatan komunikasi dan kolaborasi yang diikuti transaksi perdagangan dan investasi signifikan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, komoditas unggulan ekspor Jawa Timur ke Hong Kong antara lain Perhiasan/Permata; Susu, Mentega, Telur; Ikan dan Udang; Tembakau; Alas Kaki; Berbagai Makanan Olahan; Olahan dari Tepung; Kayu, Barang dari Kayu; Bahan Kimia Organik; Produk Industri Farmasi.

Sedangkan komoditi impor Jawa Timur dari Hong Kong yaitu Perhiasan/Permata; Mesin/Peralatan Listrik; Mesin-Mesin/Pesawat Mekanik; Besi dan Baja; Plastik dan Barang dari Plastik; Benda-Benda dari Besi dan Baja; Tembaga; Kertas/Karton; Jangat dari Kulit Mentah; Kapas Gumpalan, Tali. (*)

Tags:

misi dagang Hongkong Komoditas Jawa timur perdagangan Ekonomi Khofifah Gubernur Khofifah