Rentan Kering, Berikut Cara Merawat Kulit Saat Bulan Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 Maret 2024 14:46 17 Mar 2024 14:46

Thumbnail Rentan Kering, Berikut Cara Merawat Kulit Saat Bulan Ramadan Watermark Ketik
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat menjalankan ibadah puasa, kondisi kulit akan mengalami penurunan karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dalam kurun waktu yang lama. Padahal seperti yang kita tahu jika cairan memegang peranan penting dalam menjaga kondisi kulit agar tetap terhidrasi.

Tidak hanya itu, saat Ramadan jam tidur juga akan mengalami sedikit perubahan karena adanya waktu sahur. Padahal jam tidur yang teratur sangat diperlukan untuk proses regenerasi sel sel tubuh termasuk kulit.

Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kulit agar tetap terawat saat menjalankan ibadah puasa.

1. Perbanyak pelembab

Karena selama puasa kita tidak mendapatkan asupan cairan dalam kurun waktu yang cukup lama, hal yang bisa dilakukan adalah memperbanyak penggunaan pelembab. Ada baiknya menggunakan pelembab sebanyak 3 kali sehari yakni pagi, siang, dan malam hari. Gunakanlah pelembab sesuai dengan jenis kulit masing-masing. 

2. Gunakan sheet mask

Langkah selanjutnya jangan lupa gunakan sheet mask 2 hingga 3 jali seminggu. Sheet mask berguna untuk menghidrasi dan menutrisi kulit, sehingga kulit akan tampak lembab dan kenyal.

3. Gunakan krim malam

Krim malam berguna untuk melembabkan dan memperbaiki kulitmu setelah seharian terpapar polusi dan kotoran. Saat bulan Ramadan ada baiknya tidak menggunakan krim malam terlalu malam, karena krim malam setidaknya harus dibiarkan empat sampai 6 jam di kulit agar manfaatnya bisa maksimal.

Jika digunakan terlalu malam, maka anda akan terbangun untuk jam sahur dan itu akan membuat penyerapan nya tidak maksimal.

4. Bilas wajah setelah bangun tidur

Saat bangun untuk sahur, jangan lupa untuk membilas wajah anda guna membersihkan krim malam. Karena akan cukuo berbahaya jika memasak sahur saat krim malam masih melekat di kulit. Panasnya kompor dapat membuat kulit mengalami iritasi.(*)

Tags:

Ramadan Perawatan Kulit Krim Malam dehidrasi Cairan Sheet mask tips