Resepsi Kenegaraan Akhiri Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Ke-79 RI di Sleman

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

19 Agustus 2024 03:35 19 Agt 2024 03:35

Thumbnail Resepsi Kenegaraan Akhiri Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Ke-79 RI di Sleman Watermark Ketik
Perwakilan anggota Paskibraka Kabupaten Sleman menerima penghargaan secara simbolis dari Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (18/8/2024). (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KETIK, SLEMAN – Pemkab Sleman menyelenggaraan Resepsi Kenegaraan di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman pada Minggu malam (18/8/2024). Acara tersebut merupakan akhir rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 di Kabupaten Sleman.

Wakil Ketua Panitia Peringatan HUT ke-79 RI Kabupaten Sleman, Heru Saptono dalam laporannya menyebutkan sejumlah rangkaian kegiatan telah sukses dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Di antaranya pelatihan dan karantina Paskibraka, pengukuhan Paskibraka, Rapat Paripurna Istimewa DPRD, apel kehormatan dan Renungan Suci.

Ada juga Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan penyampaian remisi. Kemudian menyaksikan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 Istana Negara IKN secara daring dan Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih serta Resepsi Kenegaraan.

Selain itu, sebut Heru Saptono, juga dilaksanakan kegiatan pendukung berupa pemberian santunan untuk 470 anak Yatim, penyerahan Bantuan Sosial 400 paket sembako, bantuan bagi 17 RTLH, bantuan tas dan peralatan sekolah bagi anak SD dan SMP sejumlah 1000 paket. Gebyar TJSP Merdeka serta perlombaan olahraga POR KORPRI Sleman.

Foto Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan sambutan dalam acara Resepsi Kenegaraan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sleman, Minggu malam (18/8/2024). (Foto: Humas Pemkab Sleman/Ketik.co.id)Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan sambutan dalam acara Resepsi Kenegaraan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sleman, Minggu malam (18/8/2024). (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak semua hadirin untuk memaknai perjuangan meraih kemerdekaan yang tergambar dalam sengkalan tahun 1945 ”Bajraning Pakarti Pambukaning Agesang” yang maknanya perjuangan dalam mencapai kehidupan berbangsa yang merdeka.

Menurut Kustini di masa sekarang, semangat perjuangan kemerdekaan harus terus dilanjutkan agar dapat mengisi kemerdekaan, meraih kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sleman.

Dalam sambutannya, Kustini juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Sleman. Ia mengajak seluruh masyarakat Sleman untuk bersama- sama kembali menggelorakan semangat kemerdekaan dalam upaya mengisi pembangunan.

Pada resepsi kenegaraan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada 35 prestator dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional dan penghargaan atas peran kader kesehatan dalam ketercapaian Universal Health Coverage (UHC) bagi Kabupaten Sleman.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penayangan video Sleman Melawan Lupa 3 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, penampilan tari Ryo Manggala binaan Dinas Kebudayaan dan penampilan musik oleh Afia Sonia Gelsi serta pemenang Sleman Got Talent 2024.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman juga melakukan prosesi potong tumpeng yang diberikan kepada perwakilan panitia HUT RI ke-79 Kabupaten Sleman. Hadir dalam kesempatan ini jajaran Forkopimda Sleman, kepala OPD, Panewu dan Lurah se-Kabupaten Sleman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Resepsi Kenegaraan HUT RI ke 79 Pemkab Sleman Bupati Sleman Panitia Peringatan HUT ke-79 RI Kabupaten Sleman Paskibraka Sleman Kemerdekaan RI