Resmi Dibuka! SNPMB Ganti Nama Jadi SNBP dan SNBT

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 Januari 2023 07:39 11 Jan 2023 07:39

Thumbnail Resmi Dibuka! SNPMB Ganti Nama Jadi  SNBP dan SNBT Watermark Ketik
Peresmian Pembukaan SNPMB 2023 (10/1). (Foto : Humas ITS)

KETIK, SURABAYA Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) secara resmi membuka pelaksanaan SNPMB pada Selasa (10/1). Kegiatan yang dihelat di Ruang Atanaya Hotel Century Park, Jakarta tersebut kembali mengulas informasi dan teknis terbaru terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) mendatang lewat SNPMB, terkhusus pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menuturkan bahwa sistem finalisasi yang berlaku di 2023 tidak jauh berbeda dengan sistem yang sudah diterapkan di tahun-tahun sebelumnya.

“Salah satu yang berubah adalah terjadinya integrasi antara PTN akademik, vokasi, dan keagamaan Islam yang disesuaikan agar lebih inklusif,” papar Ashari, sapaan akrabnya.

Ada perubahan nama pada seleksi PTN kali ini, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan prestasi (SNBP) untuk jalur prestasi dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk jalur tes tertulis. Namun, pelaksanaan dan penilaiannya tetap mengacu pada Ujian Tulis Berbasis Komputer pada SNBT (UTBK-SNBT).

Tak hanya itu, portal SNPMB juga dibangun secara Single Sign On (SSO). Mulai registrasi akun SNPMB bagi sekolah maupun siswa, dilanjutkan dengan kegiatan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), pendaftaran SNBP, pendaftaran SNBT, hingga pada pendaftaran UTBK-SNBT.

"Kami mengingatkan sekolah dan siswa untuk mendaftarkan akunnya agar bisa mengantisipasi kegagalan mendaftar pada SNPMB 2023," tegas Ashari di hadapan para awak media.

Dengan adanya perubahan ini ditargetkan bisa menjawab kesiapan calon mahasiswa baru untuk berprogres di pendidikan tinggi. Perubahan ini juga berhasil mencatat kenaikan jumlah PTN.

Sebanyak 137 institusi ikut berkontribusi dengan adanya integrasi data ini dalam pemilihan jenjang pendidikan tinggi tersebut.

Lebih lanjut, terang Ashari, secara khusus pada pola seleksi SNPMB ini para calon mahasiswa baru berhak memilih dua program studi (prodi) dari dua universitas berbeda ataupun satu universitas yang sama.

Selain itu, calon mahasiswa baru juga berhak untuk melakukan lintas jurusan kuliah. Tetapi tetap dengan mempertimbangkan persyaratan nilai mata pelajaran yang akan dibobot 50 persen dan sisanya dikembalikan ke PTN terkait kelinearan komponen nilai.

Tahapan jalur SNBP akan diawali dengan registrasi akun SNPMB pada 9 Januari - 9 Februari 2023. Perlu diperhatikan untuk lulusan tahun 2023, registrasi akun SNPMB secara khusus akan berakhir pada 15 Februari 2023.

Sedangkan untuk tahapan SNBT, registrasi akun SNPMB dapat dimulai pada 14 - 28 Februari 2023 mendatang.(*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

SNPMB snbt Snbp perguruan tinggi Kuliah mahasiswa baru