Resmi Dilantik, Neng Wardatun Toyyibah Anggota DPRD Sampang dari PKS Siap Perjuangkan Nasib Perempuan

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Naufal Ardiansyah

26 Agustus 2024 22:48 26 Agt 2024 22:48

Thumbnail Resmi Dilantik, Neng Wardatun Toyyibah Anggota DPRD Sampang dari PKS Siap Perjuangkan Nasib Perempuan Watermark Ketik
Neng Wardatun Toyyibah anggota DPRD Kabupaten Sampang periode 2024-2029 dari PKS dengan suami tercintanya (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Jawa Timur, hasil pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari lalu resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Sampang masa jabatan 2024-2029 di Graha Paripurna DPRD setempat, Senin 26 Agustus 2024.

Neng Wardatun Toyyibah, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk pertama kalinya dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Sampang periode 2024-2029. Dia terpilih menjadi anggota DPRD dari daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Robatal dan Kedungdung.

Sebagai salah satu dari segelintir anggota DPRD Kabupaten, Neng Wardatun Toyyibah bertekad untuk mengabdikan dirinya sebagai wakil rakyat, khususnya kaum perempuan.

“Alhamdulillah, hari ini saya dilantik menjadi wakil rakyat di parlemen. Politik bagi saya adalah wadah untuk berjuang memberdayakan masyarakat, khususnya kaum perempuan,” ungkapnya.

Foto Neng Wardatun Toyyibah (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)Neng Wardatun Toyyibah (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

Neng Wardatun Toyyibah mengaku akan menampung serta memperjuangkan aspirasi masyarakat. Terutama kepentingan perempuan yang menurutnya terkadang masih banyak tertinggal, baik di sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Saya ingin agar perempuan, khususnya di Kabupaten Sampang, ini bisa berdaya dan punya keterampilan. Sehingga ke depan mereka bisa lebih mandiri,” tandasnya.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan, bahwa dia menyoroti pencambulan atau kekerasan seksual yang sering dialami perempuan khususnya di Kota Sampang. 

"Banyak kasus pencabulan dan kekerasan seksual yang belum terselesaikan, bahkan banyak perempuan tidak berani melapor disebabkan ancaman yang membuatnya takut untuk bersuara. Hal ini menjadi tugas besar bagi pemerintah, agar tidak ada lagi tindak kriminal yang selalu menjurus pada perempuan," ujarnya.

Nyai Wardatun Toyyibah menyatakan kesiapannya untuk memberdayakan perempuan, dengan berbagai macam pendidikan dan pelatihan meningkatkan kapasitas diri sehingga perempuan dapat mandiri khususnya untuk dirinya sendiri.

Insyaallah, saya bersama fraksi PKS akan memperkuat perlindungan hukum bagi perempuan yang mengalami pengungkapan, pencabulan dan kekerasan seksual, agar mereka tidak lagi takut untuk melapor dan merasaaman, tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Neng Wardatun Toyyibah PKS DPRD Kabupaten Sampang Nasib Perempuan Perjuangkan Dapil Kecamatan Robatal dan Kedungdung