Resmi Dilantik sebagai Ketua DPD ISSITA Jatim, Rony Candra Siap Kembangkan Wisata Olahraga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Januari 2024 07:42 28 Jan 2024 07:42

Thumbnail Resmi Dilantik sebagai Ketua DPD ISSITA Jatim, Rony Candra Siap Kembangkan Wisata Olahraga Watermark Ketik
Ketua DPP ISSITA Isyak Meirobi saat melantik Rony Candra sebagai Ketua DPD ISSITA Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Indonesian Sport and Special Interest Tourism Assosoation (ISSITA) resmi melantik Rony Candra sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISSITA bersama sejumlah pengurus untuk wilayah Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Oakwood Hotel & Residence, Minggu (28/1/2024).

Pelantikan dihadiri langsung oleh Wamenparekraf RI Angela Tanoesoedibjo, Kak Seto Ketua LPAI, Kadispora Jawa Timur Ali Kuncoro dan Kasubdit Pariwisata Polda Jatim AKBP Marsono. 

Usai melantik pengurus DPD ISSITA Jawa Timur, Ketua DPP ISSITA, Isyak Meirobi mengatakan bahwa Jawa Timur merupakan DPD pertama dari ISSITA setelah didirikan pada tahun 2023 lalu. Selanjutnya akan menyusul pendirian DPD di daerah lain. 

Tujuan dari pendirian ISSITA berawal dari banyaknya sport tourism dan wisata minat khusus yang tidak digarap dengan baik. Hal ini lah yang mendasari terbentuknya ISSITA yang memiliki tagline 'Merajut Pesona Indonesia" agar bisa menjadi wadah untuk pengembangan sport tourism dan wisata minat khusus.

"Jadi dulu itu sport tourism dan wisata minat khusus itu berdiri sendiri-sendiri jadi susah untuk berkembang. Selain itu wadahnya juga tidak ada. Oleh sebab itulah melalui Kemenparekraf kita dirikan ISSITA yang resmi berdiri tahun 2023," jelas Isyak saat ditemui usai pelantikan, Minggu (28/1/2024).

Foto Para pengurus DPD ISSITA Jawa Timur saat berfoto dengan Wamenparekraf RI Angela Tanoesoedibjo. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para pengurus DPD ISSITA Jawa Timur saat berfoto dengan Wamenparekraf RI Angela Tanoesoedibjo. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Ditemui pada kesempatan yang sama, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menambahkan pihaknya menyambut baik dan mendukung pembentukan DPD ISSITA Jawa Timur, yang merupakan DPD pertama dari ISSITA semenjak terbentuk tahun 2023 lalu.

Kepada para pengurus DPD ISSITA Jawa Timur, Angela berpesan untuk mulai bekerja karena banyak hal yang bisa digarap untuk mengembangkan sport tourism dan wisata minat khusus di Indonesia menjadi lebih maju lagi.

"Saya sangat mengapresiasi sekali pembentukan ISSITA di Jawa Timur ini. Kami dari Kemenparekraf siap berkolaborasi untuk memajukan sport tourism dan wisata minat khusus agar bisa dikambangkan lagi potensinya," tambah Angela.

Rony Candra yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPD ISSITA Jawa Timur menuturkan pihaknya akan berfokus pada wisata olahraga yang menurutnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Salah satunya adalah pickle ball yang saat ini tengah populer di Bali. Walaupun saat ini belum menjadi olahraga khusus tapi ini mampu menarik wisatawan.

"Jadi yang ingin kita kembangkan adalah wisata olahraga seperti pickle ball yang saat ini banyak dimainkan oleh para bule di Bali. Tentu ini bisa menjadi potensi yang bagus untuk mengembangkan wisata olahraga di Indonesia," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo pariwisata sport tourism Special Interest ISSITA Rony Candra