RI Buka Penawaran Pengelolaan 3 Blok Migas, Berikut Daftarnya

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

10 April 2023 19:59 10 Apr 2023 19:59

Thumbnail RI Buka Penawaran Pengelolaan 3 Blok Migas, Berikut Daftarnya Watermark Ketik
Ilustrasi kilang minyak. (Foto: esdm.go.id)

KETIK, JAKARTA Kementerian ESDM mengumumkan Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023. Ada tiga wilayah yang ditawarkan, yaitu wilayah kerja Akia seluas 8.394 kilometer persegi, wilayah kerja Beluga seluas 8.472 kilometer persegi, dan wilayah kerja Bengara I 922 kilometer persegi.

Wilayah kerja Akia berlokasi di lepas pantai Kalimantan Utara. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, wilayah ini memiliki perkiraan sumber daya alam minyak dan gas melimpah.

"Wilayah kerja Akia merupakan blok eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 miliar barel oil (BBO) minyak. Dan perkiraan sumber daya potensi 9 trillion cubic feet (TCF) gas. Lokasi kerja ini juga berdekatan dengan wilayah kerja yang sudah terbukti akan potensi potensi hidrokarbonnya seperti Tarakan, Bunyu dan Nunukan," ucap Tutuka dalam konferensi pers virtual, Senin (10/4/2023).

Minimum komitmen pasti untuk wilayah kerja Akia adalah studi G&G dan akuisisi dan processing Seismik 3D 750 kilometer persegi. Wilayah kerja ini ditawarkan menggunakan skema kontrak bagi hasil cost recovery.

Kemudian, wilayah kerja Beluga berlokasi di lepas pantai Natuna Barat. Tutuka menyebut wilayah ini merupakan wilayah eksplorasi dengan perkiraan potensi sumber daya 360 juta barel minyak (MMBO) dan 50 miliar cubic feet (BFC) gas.

Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

Minimum komitmen pasti wilayah kerja Beluga adalah studi G&G dan pemboran 1 sumur eksplorasi. Wilayah ditawarkan dengan kontrak bagi hasil cost and recovery.

Lalu, wilayah kerja Bengara I di daratan Kalimantan Utara. Wilayah ini merupakan wilayah eksplorasi dengan perkiraan potensi sumber daya 90 juta barrel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas.

Minimum komitmen pasti untuk ini adalah studi G&G dan pengeboran 1 sumur eksplorasi. Wilayah ditawarkan dengan kontrak bagi hasil cost and recovery.

"Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi," lanjut Tutuka.

Selanjutnya terkait jadwal lelang untuk lelang penawaran langsung Akia dan Beluga, dan penawaran langsung tanpa studi bersama Bengara I, jadwal akses dokumen dimulai pada 10 April 2023.

Batas waktu penyampaian dokumen lelang,  9 Mei 2023. Akses bid dokumen dan pemasukan dokumen partisipasi melalui situs https://esdm.go.id/wkmigas. (*)

Tombol Google News

Tags:

Migas minyak Kilang ESDM Akia Beluga Bengara