Ribuan Pencari Kerja Ramaikan Job Fair Kemnaker di Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

7 September 2023 07:52 7 Sep 2023 07:52

Thumbnail Ribuan Pencari Kerja Ramaikan Job Fair Kemnaker di Malang Watermark Ketik
Suasana di dalam kegiatan job fair yang digelar oleh IKA UM dan Kemnaker RI di Graha Cakrawala UM. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Ribuan pencari kerja padati pembukaan job fair yang digelar oleh Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis (7/9/2023). Bekerjasama dengan Kementerian Tenga Kerja (Kemenaker) RI, job fair tersebut menghadirkan 39 perusahaan dan 20 lembaga pendidikan.

Mokhamad Farid Maruf selaku Kepala Pusat Data, Teknologi dan Informasi Ketenagakerjaan Kemenaker RI turut mendukung kegiatan tersebut. Terlebih keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

"Kami berusaha bagaimana caranya kebijakan pemerintah bisa mendukung lulusan SMA, SMK, Perguruan Tinggi, dan lainnya bisa mendapatkan pekerjaan. Tentunya dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran. Makanya kami kerjasama dengan kampus-kampus salah satunya dengan job fair," ujar Farid saat ditemui usai mengunjungi job fair di Graha Cakrawala UM.

Kerjasama tersebut juga sebagai pengetahuan bagi pihak kampus, bahwa kebutuhan dunia kerja mengalami perubahan yang cukup pesat. Ia berharap melalui job fair ini dapat menjadi bekal mahasiswa menyesuaikan diri dengan kebutuhan dunia kerja.

"Harapannya dengan mendekatkan pencari kerja dengan perusahaan penyedia pekerjaan, kampus bisa mengantisipasi. Selain itu membekali mahasiswa untuk bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan dunia kerja," ungkapnya.

Foto Rektor UM Prof Hariyono (tengah) saat berkunjung ke stan Job Fair yang digelar Kemnaker RI. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Rektor UM Prof Hariyono (tengah) saat berkunjung ke stan Job Fair yang digelar Kemnaker RI. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Sementara itu, salah satu pencari kerja yakni Aulia Adisya mengaku sangat terbantu dengan adanya job fair oleh IKA UM tersebut. Lulusan Sastra Inggris UM itu mengaku masih pertama kali mengikuti job fair. Mengingat saat ini dirinya masih dalam masa tunggu pelaksanaan wisuda.

"Tentu job fair ini menguntungkan bagi mahasiswa apalagi fresh graduate. Dengan adanya jobfair ini mempermudah kita sebagai mahasiswa untuk mencari peluang pekerjaan," ujarnya.

Aulia merasa tertarik dengan dunia kehumasan dan pembuatan konten. Namun ia masih belum memiliki pandangan ingin berkarir di perusahaan mana.

"Masih lihat-lihat dulu mau cari apa. Mungkin saya tertarik di bidang kehumasan, konten kreator atau layout desain grafis gitu. Ini pertama kalinya saya ikut job fair jadi akhirnya saya bisa melihat apa saja kesempatan kerjanya," lanjutnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

job fair Job Fair UM IKA UM Info Lowongan Kerja info loker lowongan pekerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI Kemnaker RI