Rumput Stadion Supriyadi Blitar Dibenahi Usai Arema FC Ditegur LIB

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Mustopa

26 Agustus 2024 08:24 26 Agt 2024 08:24

Thumbnail Rumput Stadion Supriyadi Blitar Dibenahi Usai Arema FC Ditegur LIB Watermark Ketik
Arema FC saat menghadapi Borneo FC, Senin, 26 Agustus 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi, memberikan apresiasi atas upaya percepatan pembenahan rumput dan kualitas lapangan Stadion Supriyadi Kota Blitar.

Proses perbaikan yang dilakukan oleh kontraktor ternama, PT Harapan Jaya Lestarindo untuk menghadirkan lapangan berkualitas di Kota Blitar.

"Kami sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Lestarindo dalam memperbaiki lapangan Stadion Supriyadi. Proses aeration dan top dressing yang telah dilakukan merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada," jelas Yusrinal, Senin, 26 Agustus 2024.

Sekedar informasi, Liga Indonesia Baru (LIB) sebelumnya telah memberikan teguran kepada Arema FC terkait kualitas lapangan Stadion Supriyadi. Keluhan dari klub lawan terkait kondisi lapangan menjadi pemicu dilakukannya perbaikan secara besar-besaran ini.

Menurut Yusrinal, berdasarkan Laporan Lestarindo, kondisi lapangan Stadion Supriyadi yang keras dan banyaknya rumah cacing menjadi kendala utama. Kondisi ini menyebabkan aliran bola tidak lancar dan kualitas permainan terganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Lestarindo telah melakukan upaya, di antaranya penggunaan nematisida, yang bertujuan untuk mengurangi populasi cacing tanah dan mencegah kotoran cacing naik ke permukaan lapangan.

Selanjutnya dilakukan aeration dan top dressing. Proses aeration berfungsi untuk mengaerasi tanah, sementara top dressing dilakukan untuk memperbaiki permukaan lapangan dan memberikan nutrisi tambahan pada tanah dan rumput.

Selanjutnya, Yusrin menjelaskan bahwa pihak kontraktor juga akan melakukan releveling dan sulam pada lapangan dalam waktu dua bulan ke depan. Hal ini bertujuan untuk membuat permukaan lapangan lebih rata dan sempurna.

Akhir pekan kemarin, Lestarindo telah menyelesaikan proses top dressing dan melanjutkan dengan penebaran kapur, obat cacing, serta pemupukan.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan dan pertumbuhan rumput. Pihak kontraktor optimistis bahwa dalam waktu seminggu ke depan, hasil perbaikan lapangan akan semakin terlihat signifikan

"Kami optimis dengan perbaikan yang dilakukan, kualitas lapangan Stadion Supriyadi akan meningkat secara signifikan. Hal ini tidak hanya penting bagi performa Arema FC, tetapi juga akan meningkatkan grade kualitas lapangan secara keseluruhan," pungkas Yusrinal.

Sebelumnya, Yusrinal mengatakan, jika perbaikan rumput Stadion Soepriadi belum tuntas hingga waktu yang ditentukan, kemungkinan dua laga kandang akan dipindahkan ke stadion lain.

Dua laga kandang yang dimaksud yaitu pertandingan melawan PSM Makassar pada 15 September 2024 dan duel kontra Malut United pada 19 Oktober 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arema FC Blitar Kota Blitar Perbaikan lapangan Stadion Supriyadi