Rutin Konsumsi Teh Bunga Telang, Manfaat Ini yang Anda Dapatkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

18 Juli 2023 17:02 18 Jul 2023 17:02

Thumbnail Rutin Konsumsi Teh Bunga Telang, Manfaat Ini yang Anda Dapatkan Watermark Ketik
Teh Bunga Telang.(Foto: Dok. Kementrian Kesehatan)

KETIK, JAKARTA – Bunga telang sejak dahulu dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanaman bunga berwarna ungu ini biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan teh herbal. 

Mengutip dari laman healthline.com, bunga telang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. manfaat ini tentu sayang jika tidak dimanfaatkan untuk menjaga kondisi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari teh bunga telang.

1. Baik untuk Otak

Bunga telang mengandung beragam nutrisi dan zat-zat penting yang dapat memperbaiki sel-sel syaraf di otak. Zat tersebut dapat memicu peningkatan produksi asetilkolin yang berguna untuk proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, bunga telang mengandung ekstrak metanol yang memiliki kemampuan Antioksidan.

3. Mencegah Kerontokan Rambut

Jika anda memiliki permasalahan seperti rambut rontok, mungkin mengkonsumsi teh bunga telang bisa menjadi pilihan. Bunga telang mengandung khusus yang dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak hingga kulit kepala. Dengan demikian bisa rambut pun akan terlihat sehat dan rontok berkurang.

4. Meredakan Stres

Sedang stres karena rutinitas sehari hari atau pekerjaan yang menumpuk. Mungkin anda harus minum teh bunga telang, menurut penelitian aroma wangi pada bunga telang dapat meredakan stres, depresi dan resiko kecemasan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Teh Bunga Telang herbal Antioksidan Stres Depresi Kesehatan otak