Sambil Puasa, WBP dan Petugas Rutan Situbondo Semarakkan Lomba HBP ke-60

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

20 Maret 2024 20:09 20 Mar 2024 20:09

Thumbnail Sambil Puasa, WBP dan Petugas Rutan Situbondo Semarakkan Lomba HBP ke-60 Watermark Ketik
Kepala Rutan Situbondo berdiri ketika menyaksikan lomba catur warga binaannya (20/03/2023) (Foto : Adinda Octaviani / Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Kendati seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahan (Rutan) Kelas IIB Situbondo dan petugas rutan menjalani ibadah puasa ramadan, namun tetap semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rabu (20/03/2024).

Peringatan HBP ke-60 yang dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI sejak awal maret 2024 lalu, tidak membuat WBP Rutan Situbondo patah semangat untuk mengikuti berbagai kegiatan di dalam rutan.

“Walaupun WBP menjalani ibadah puasa ramadan, namun tidak menyurutkan semangat para Petugas dan WBP Rutan Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur untuk melaksanakan lomba dan kegiatan lainnya di sore hari,” jelas Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, dari minggu lalu, petugas rutan dan warga binaan telah melaksanakan rangkaian perlombaan internal. “Para petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan melaksanakan lomba pada sore hari yang dimulai pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Ini sekaligus ajang para WBP dan Petugas ngabuburit di lapangan volly dalam rutan,” ujarnya.

Lomba yang dipertandingkan, sambung Rudi, antara lain bola volly, futsal pakai sarung, tenis meja, catur bagi WBP laki-laki. Sedangkan, WBP perempuan ada yang masak-masak, jualan bazar ramadan sambil hiburan musik di lapangan dalam rutan.

“Pokoknya, mereka kita buat nuansanya layaknya sedang berada di kampung halaman mereka masing-masing pada waktu puasa. Selain menyemarakkan lomba Hari Bakti Pemasyarakatan, kerinduan mereka terhadap tempat tinggalnya juga terobati,” tutur Kepala Rutan Situbondo.

Alhamdulillah, kata Rudi, semua WBP sangat antusias, pagi mereka mengikuti pesantren kilat, siang mendapat kunjungan keluarga dan sorenya mereka ngabuburit sambil lomba serta malam harinya mereka mengikuti ibadah Salat Tarawih. (*)

Tags:

Sambil Puasa WBP Rutan Situbondo semangat Ikuti Lomba Peringatan HBP ke-60 Situbondo Berita Situbondo Hari Ini