Sambut Imlek, Warga Tionghoa di Bali Bersihkan Vihara Dharmayana Kuta

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Februari 2024 03:38 7 Feb 2024 03:38

Thumbnail Sambut Imlek, Warga Tionghoa di Bali Bersihkan Vihara Dharmayana Kuta Watermark Ketik
Warga Bali Keturunan Tionghoa bergotong-royong bersihkan arca di Vihara Dharmayana Kuta. (Foto: instagram @Infobali.viral)

KETIK, BADUNG – Suasana persiapan untuk menyambut tahun baru China atau yang biasa disebut dengan Imlek sudah mulai terlihat di berbagai wilayah. Salah satunya di Vihara Dharmayana Kuta, Badung, Bali.

Dilansir dari akun Instagram @infobali.viral, Sejumlah warga keturunan Tionghoa terlihat sibuk menghias Vihara untuk menyambut perayaan imlek yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Mereka mempersiapkan vihara, memberikan hiasan, membersihkan arca, menyiapkan wadah dupa untuk sembahyang.

Selain itu, di bagian dalam Vihara juga tampak sibuk dengan menyiapkan segala perlengkapan guna menyambut perayaan Imlek.

Sebagai informasi, perayaan Imlek di Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2.000 tepatnya pada masa pemerintahan Presiden Gur Dur. Imlek merupakan salah satu perayaan sakral bagi warga keturunan Tionghoa.

Imlek selalu dirayakan dalam suasana khidmat dan sakral. Mereka merayakannya dengan bersembahyang untuk menghormati para leluhur. 

Foto Tak ketinggalan Patung Dewi Kwan In juga dibersihkan untuk sambut imlek. (Foto: Instagram @infobali.viral)Tak ketinggalan Patung Dewi Kwan In juga dibersihkan untuk sambut imlek. (Foto: Instagram @infobali.viral)

Namun seiring dengan perkembangan zaman, perayaan Imlek kini meluas dan dirayakan dengan suasana riang gembira, berkumpul dengan keluarga, makan bersama, pesta kembang api dan lain sebagainya.

Tak hanya dirayakan keturunan Tionghoa, Imlek saat ini bisa dirayakan oleh semua kalangan masyarakat. Tak jarang banyak warga non keturunan Tionghoa yang mengunjungi klenteng atau vihara saat perayaan imlek. Biasanya mereka ingin melihat beragam pertunjukkan kebudayaan khas Tiongkok seperti barongsai dan pertunjukkan kembang api.(*)

Tombol Google News

Tags:

imlek Vihara Dharmayana Warga Tionghoa arca persiapan sembahyang
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1