Sambut Wisman, Java Lotus Hotel Jember Sediakan Menu Eropa

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Naufal Ardiansyah

13 Mei 2023 12:47 13 Mei 2023 12:47

Thumbnail Sambut Wisman, Java Lotus Hotel Jember Sediakan Menu Eropa Watermark Ketik
Classic Fish and Chips ala Java Lotus Hotel Jember (Foto: Java Lotus Hotel Jember)

KETIK, JEMBER – Jumlah wisatawan asal Eropa yang menginap di Java Lotus Hotel Jember dalam kuartal pertama tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan.

Manajemen hotel berupaya meningkatkan kenyamanan penginapan bagi pelancong mancanegara yang mulai mengeksplorasi kawasan Jember yang dikenal dengan cerutunya dan pasokan ikan segar dari pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya di tempat pelelangan ikan pelabuhan Puger.

Prediksi peningkatan kunjungan pasar internasional semakin menjanjikan dengan adanya sejumlah event yang ditujukan untuk menarik minat pasar internasional.

Salah satunya adalah perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang dengan mengusung tema Timelapse. Akan diramaikan delegasi dari 33 negara yang melibatkan fotografer.

Dalam menghadapi peningkatan permintaan pasar Eropa mengenai perubahan perilaku pasar wisata global, diperlukan kecerdasan untuk menambah nilai tambah tanpa menghilangkan tradisi Pendalungan Jember. 

Dalam rangka menyambut JFC, tim kuliner Java Lotus Hotel Jember telah mengembangkan produk makanan klasik internasional, yaitu Classic Fish and Chips. 

Foto Spanyol summer drink, Virgin Sangria, ala Java Lotus Hotel Jember (Foto:  Java Lotus Hotel Jember)Spanyol summer drink, Virgin Sangria, ala Java Lotus Hotel Jember (Foto: Java Lotus Hotel Jember)

Classic Fish and Chips menjadi pilihan baru dan menarik dengan menggabungkan cita rasa pedas, asin, dan gurih yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Jember. Dan dipadukan dengan cita rasa klasik Fish and Chips yang populer di Barat. 

Olahan ini menggunakan ikan Dori sebagai bahan utama, dengan tepung untuk melapisi ikan yang diberi rempah khas, dan bahan-bahan yang tersedia di pasar lokal.

Jeffrey Wibisono, General Manager Java Lotus Hotel, menjelaskan kehadiran Classic Fish and Chips merupakan makanan comfort food orang Eropa.

"Dengan hadirnya menu Classic Fish and Chips, kami semakin melengkapi ragam kuliner kami. Classic Fish and Chips merupakan hidangan populer yang menjadi favorit orang Barat, seperti halnya kehadiran Pisang Goreng dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia," terang Jeffrey.

Semua bahan yang digunakan untuk membuat Classic Fish and Chips didapatkan dari pasar-pasar lokal. "Jangan lupa, Jember memiliki pelabuhan dan tempat pelelangan ikan segar di Puger, serta oleh-oleh terasi Jember yang terkenal. Sayuran, termasuk kentang, ditanam di daerah setempat maupun di kabupaten tetangga seperti Malang dan Bondowoso. Semua bahan-bahan ini dapat ditemukan di pasar lokal terdekat."

Mengapa Classic Fish & Chips dipilih? Olahan ikan dan kentang goreng ini memiliki sejarah yang unik. Diciptakan pada tahun 1860-an, hidangan ini tetap populer hingga saat ini dan tidak tergeser oleh berbagai menu olahan ikan lainnya. Fish and Chips merupakan salah satu comfort food yang disukai.

Rasanya sangat ringan, tidak berat, tetapi mengenyangkan karena dilengkapi kentang goreng dan lembutnya daging ikan Dori fillet tanpa duri dibalut tepung bumbu klasik Barat. Tak ketinggalan dengan summer drink ala Spanyol, Virgin Sangria, cocok untuk Indonesia sebagai negara tropis.(*)

Tombol Google News

Tags:

Java Lotus Hotel Jember JFC eropa Classic Fish and Chips Virgin Sangria